Minggu, 09 Mei 2021 17:07 WIB

Menu Favorit Berbuka, Ini 7 Manfaat Kurma untuk Kesehatan

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Apa Perlu Mencuci Kurma Sebelum Dimakan? Foto: iStock
Jakarta -

Setiap bulan Ramadhan, salah satu makanan yang identik dan selalu menjadi pilihan untuk menu buka puasa adalah kurma. Tak hanya manis, buah kurma juga mengandung banyak manfaat untuk kesehatan.

Selain untuk menu berbuka, kurma juga bisa dijadikan sebagai camilan hingga minuman yang sehat. Hal ini karena kandungan vitamin, mineral, dan serat pada buah kurma.

Berikut 7 manfaat kurma untuk kesehatan yang dikutip dari laman Health.

1. Kaya nutrisi

Kurma mengandung karbohidrat kompleks yang sangat sehat untuk tubuh. Berbagai macam nutrisi terkandung di dalamnya, seperti vitamin B, vitamin K, kalsium, zat besi, magnesium, kalium, zinc, dan mangan.

Saat berbuka puasa, dianjurkan mengkonsumsi tiga buah kurma yang sesuai dengan sunah nabi. Tiga buah kurma mengandung sekitar 200 kalori, 54 gram karbohidrat, 5 gram serat, satu gram protein, dan tanpa lemak.

2. Sumber antioksidan

Kurma juga mengandung antioksidan untuk kesehatan. Berdasarkan studi terbaru yang dipublikasi dalam Journal of Pharmacy & BioAllied Sciences menunjukkan bahwa kurma adalah sumber antioksidan alami yang baik dan bermanfaat untuk pengelolaan penyakit terkait stres oksidatif.

Stres oksidatif terjadi saat adanya ketidakseimbangan antara produksi radikal bebas yang merusak sel dan menyebabkan penyakit. Kurma juga mengandung senyawa antiinflamasi dan antimikroba yang berperan dalam memerangi penyakit menular.

3. Pemanis alami yang aman

Seperti buah pada umumnya, kurma juga mengandung air dan gula alami. Meski dikonsumsi setiap hari, kandungan gulanya akan tetap aman dan tidak meningkatkan risiko obesitas maupun penyakit jantung.

4. Baik untuk pencernaan

Tiga buah kurma menyediakan sekitar 18 persen serat yang dibutuhkan per hari dan baik untuk pencernaan. Untuk membuktikannya, studi yang diterbitkan di British Journal of Nutrition pun mengamati secara khusus efek khusus mengkonsumsi kurma pada usus.

Beberapa relawan pria yang sehat diminta untuk mengkonsumsi tujuh kurma per hari. Peneliti menemukan bahwa saat makan kurma, para relawan mengalami peningkatkan frekuensi buang air besar dan menurunkan tingkat bahan kimia tinja yang bisa merusak sel dan memicu mutasi yang bisa menyebabkan kanker.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Amankah Penderita Diabetes Buka Puasa dengan Kurma?"
[Gambas:Video 20detik]