Senin, 10 Mei 2021 17:13 WIB

Agar Tak Kembung, Hindari 5 Kombinasi Makanan Ini saat Buka Puasa

Ardela Nabila - detikHealth
Middle Eastern Suhoor or Iftar meal Kombinasi makanan yang dihindari untuk cegah kembung saat berbuka puasa. Foto: iStock
Jakarta -

Berbagai variasi makanan saat berbuka puasa memang terlihat terlalu menggiurkan untuk sekadar dilewati begitu saja. Namun, sejumlah makanan tersebut bisa berpotensi menyebabkan kembung, lho.

Selain makan berlebihan, kombinasi makanan tidak tepat saat berbuka puasa bisa menyebabkan perut menjadi terasa tidak nyaman. Selain itu, kombinasi makanan yang salah juga bisa menyebabkan kelelahan hingga mengganggu kualitas tidur di malam harinya.

Dikutip dari laman Arabian Business, berikut 5 kombinasi makanan yang sebaiknya dihindari saat berbuka puasa agar perut tidak kembung.

1. Buah setelah makan berat

Mengonsumsi makanan pencuci mulut, seperti buah, setelah makan berat ternyata bisa menyebabkan masalah pencernaan, lho. Sebab, kandungan gula dalam buah-buahan yang telah bercampur dengan protein dan lemak akan bertahan lebih lama di dalam perut, sehingga menyebabkan perut terasa kembung.

2. Makanan tinggi garam

Makanan yang mengandung tinggi garam bisa berisiko meningkatkan tekanan darah, batu ginjal, sakit kepala, otot jantung membesar, dan gagal jantung. Sementara itu, efek jangka pendek yang bisa dirasakan langsung setelah berbuka puasa dengan makanan asin adalah perut terasa kembung, mudah haus, dan sakit kepala ringan.

3. Protein dan tepung

Kombinasi protein dan tepung dalam sekali makan bisa menyebabkan perut menjadi kembung. Sebab, kedua makanan ini membutuhkan tingkat keasaman berbeda untuk dicerna oleh tubuh. Saat berbuka, sebaiknya konsumsi protein tanpa lemak dan sayur-sayuran untuk menghindari lonjakan insulin yang bisa menyebabkan kelelahan.

4. Susu dan jus jeruk

Kedua minuman tersebut memang segar untuk diminum saat berbuka puasa. Namun, jika dikombinasikan, keduanya bisa menyebabkan rasa tak nyaman pada perut. Sebab, rasa asam pada jeruk yang bercampur dengan susu bisa mengakibatkan perut terasa mual, peradangan kronis, hingga napas menjadi tak sedap.

5. Kurma dan susu

Berbuka dengan kurma memang terasa mengenyangkan dan dianjurkan. Akan tetapi, sebaiknya jangan dikombinasikan dengan meminum susu. Pasalnya, jika tidak dilakukan dengan benar, kedua kombinasi ini bisa beracun. Jika memang sudah terbiasa dengan kombinasi kedua ini, pastikan kurma tersebut sudah sangat matang.



Simak Video "Anak Diam-diam Batal Puasa, Jangan Dimarahi"
[Gambas:Video 20detik]
(Ardela Nabila/kna)