Selasa, 11 Mei 2021 10:18 WIB

Updated

Menhub Budi Karya Usul Pemudik Divaksin Gratis untuk Cegah Corona, Setuju?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Para Lansia menerima suntikan vaksin COVID-19 di Gedung Balai Besar Pelatihan Kesehatan, Kemenkes, Jakarta Selatan, Rabu (24/3). Begini ekspresi para Lansia saat disuntik. Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Pakar epidemiologi dari Universitas Griffith Australia Dicky Budiman mengkritik keras usul Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karyadi Sumadi soal vaksinasi pada pemudik jalur darat. Menurutnya, usul yang maksudnya untuk meminimalisir risiko penularan Corona pada pemudik malah bisa memperburuk situasi pandemi Corona di Indonesia.

"Vaksinasi harus sesuai dengan target public healthnya, lansia, komorbid, seperti itu," tegas Dicky kepada detikcom Selasa (11/5/2021).

Pasalnya, jika sasaran vaksinasi tidak berjalan dengan target awal, yaitu mengacu pada tingkat risiko penularan COVID-19, kasus COVID-19 di RI akan terus meningkat. Stok vaksin Corona menurut Dicky harus dimaksimalkan pada orang yang rentan.

"Orang yang sudah divaksinasi bukan tidak mungkin terinfeksi, tetap bisa," lanjutnya.

Jika orang yang rentan terpapar COVID-19 hingga fatal sudah divaksinasi, angka kematian Corona kemudian bisa ditekan. Hal ini juga bisa berdampak baik pada ketersediaan bed pasien Corona di sejumlah rumah sakit.

Lain halnya jika, vaksinasi Corona tak sesuai sasaran. Sekali lagi Dicky mengingatkan menyasar target vaksinasi COVID-19 tak bisa sembarangan.

"Jadi salah kalau pemudik vaksinasi, sasaran vaksinasi ini tidak bisa serampangan," kata Dicky.

"Berbahaya, malah kontraproduktif dan bahkan memperburuk ya, bukan memperbaiki, malah memperburuk situasi pandemi," wanti-wanti Dicky.

Sebelumnya diberitakan, Menhub Budi mengusulkan vaksinasi Corona bagi pemudik lantaran jumlah pemudik diperkirakan akan terus meningkat. Diprediksi 3,6 juta masyarakat Indonesia akan melakukan perjalanan balik mudik pada Minggu (16/5/2021) atau H+2 Lebaran.

"Kami mengusulkan Pak Menko (Menteri Perekonomian) dan Menkes (Menteri Kesehatan) memberikan vaksin gratis untuk mereka yang melakukan perjalanan darat," kata dia dalam konferensi pers Senin (10/5/2021).

Setujukah jika pemudik dapat vaksin Corona seperti usul Menhub? Tuliskan pendapat di komentar.

Catatan Redaksi: Terkait pernyataan Menhub Budi Karya Sumadi, Kemenhub mengklarifikasi bahwa yang dimaksud adalah 'tes Corona Gratis' untuk pemudik dan bukan 'vaksin gratis'. Klarifikasi selengkapnya bisa disimak DI TAUTAN INI.



Simak Video "Menkes Ungkap Turunnya Pasokan Vaksin Tanah Air karena Kasus di India"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)