Selasa, 11 Mei 2021 17:00 WIB

Segar! 4 Buah Kaya Air Ini Bisa Bantu Penuhi Cairan Tubuh Saat Buka Puasa

Ardela Nabila - detikHealth
Ilustrasi buah-buahan segar Buah kaya air untuk mencukupi kebutuhan tubuh saat buka puasa. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Hidrasi usai seharian berpuasa menjadi salah satu hal yang esensial dilakukan agar kebutuhan cairan dalam tubuh tetap terpenuhi. Selain bisa mencegah dehidrasi, menjaga hidrasi tubuh bisa membantu meregulasi suhu tubuh, mencegah infeksi, menjaga nutrisi, serta meningkatkan kualitas tidur dan suasana hati.

Apalagi, selama berpuasa umat Muslim tidak bisa mengonsumsi apa pun, sehingga rentan mengalami dehidrasi. Oleh sebab itu, berbuka puasa menjadi salah satu momen paling penting untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang saat berpuasa.

Selain minum air putih, mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan kandungan air bisa dijadikan pilihan untuk membantu tubuh tetap terhidrasi. Faktanya, sebanyak 20 persen kebutuhan cairan didapat dari makanan yang dikonsumsi, termasuk buah-buahan.

Dikutip dari laman Everyday Health, berikut 4 buah-buahan segar dan kaya air yang cocok dikonsumsi untuk berbuka puasa.

1. Jeruk

Selain vitamin C, jeruk ternyata juga mengandung sebanyak 87 persen air. Tak hanya itu, jeruk juga mengandung nutrisi lainnya, seperti potassium dan antioksidan. Oleh karenanya, jeruk bisa menjadi salah satu jenis buah yang cocok dikonsumsi saat berbuka puasa.

2. Stroberi

Selain sehat, enak, dan menyegarkan, stroberi mengandung sebanyak 92 persen air, lho. Stroberi juga kaya akan vitamin C. Tak hanya bisa bantu menghidrasi, stroberi juga bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah tinggi dan tingkat kolesterol.

3. Semangka

Siapa yang tak suka dengan buah yang satu ini? Selain memang rasanya enak, semangka mengandung sebanyak 92 persen air, lho. Semangka juga merupakan salah satu buah yang kaya akan sumber energi, sehingga membuat buah ini cocok untuk dikonsumsi saat berbuka karena tak hanya bisa membantu penuhi kebutuhan cairan, tetapi juga bantu mendongkrak energi.

4. Nanas

Tak hanya menyediakan rasa manis alami, nanas ternyata juga bisa membantu menghidrasi tubuh, lho. Sebab, nanas mengandung sebanyak 87 persen air. Satu cangkir nanas juga mengandung sebanyak 79 gram vitamin C yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh.



Simak Video "Anak Diam-diam Batal Puasa, Jangan Dimarahi"
[Gambas:Video 20detik]
(Ardela Nabila/kna)