Selasa, 11 Mei 2021 21:57 WIB

Tanda-tanda Baby Blues, Digambarkan Juga di Al-Quran

Ardela Nabila - detikHealth
Stressed mother holding her baby. Baby blues (Foto: iStock)
Jakarta -

Setelah melahirkan, tak sedikit ibu yang kerap mengalami baby blues atau depresi ringan. Umumnya, gejala yang dirasakan setiap ibu akan berbeda-beda.

Sejumlah gejala tersebut bisa berupa depresi atau sedih, menangis secara tiba-tiba, perubahan suasana hati, mudah tersinggung, cemas, perasaan labil, sering menyalahkan diri sendiri, atau gangguan tidur serta nafsu makan.

Mengutip Health Harvard, meski baby blues merupakan hal umum dan bisa mereda, ibu yang mengalami depresi ini kerap kali menyembunyikannya. Biasanya, hal tersebut disebabkan oleh perasaan malu dengan adanya tekanan yang ia rasakan. Pasalnya, kebanyakan ibu merasa seharusnya momen tersebut merupakan momen bahagia dalam hidup mereka.

Sehingga, banyak ibu yang enggan untuk mengambil perawatan untuk mengatasi depresinya. Apabila tidak segera ditangani, maka baby blues bisa berakibat fatal pada kesehatan mental orang tua dan juga perkembangan anak.

"Tanda-tanda baby blues yaitu adanya kesedihan dan emosional. Kemudian gejala baby blues dapat memuncak setelah lima hari pasca melahirkan dan bertahan selama dua minggu setelah melahirkan," ujar Samantha Meltzer-Brody, MD, direktur program psikiatri perinatal di AS, dikutip dari HaiBunda.

Baby blues dalam Islam

Dalam Islam, masa kehamilan hingga persalinan diakui sebagai fase berat yang bisa membuat dampak psikologis pada wanita. Bahkan, Al-Qur'an juga mengakui betapa beratnya beban yang harus dipikul oleh seorang ibu.

Al-Qur'an menggambarkan kondisi baby blues ini sebagai wahnan ala wahnin. Menurut al-Qurthubi dalam tafsirnya al-Jami' li Ahkam, istilah tersebut digunakan lantaran pada dasarnya perempuan merupakan makhluk yang lemah secara fisik. Kondisi kehamilan menyebabkan bertambahnya kelemahan tersebut.

Lebih lanjut, Al-Qur'an turut menjelaskan dampak baby blues serta sejumlah gangguan emosi pada ibu yang mengalami baby blues. Apa saja gangguan emosi yang paling menonjol sebagaimana dijelaskan dalam kitab suci umat Muslim tersebut?

TERUSKAN MEMBACA, KLIK DI SINI



Simak Video "Strategi Menkes Budi Tekan Angka Kematian Pada Ibu Melahirkan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)