Rabu, 12 Mei 2021 05:07 WIB

Salah Suntik, Wanita Ini Dapat 6 Dosis Vaksin Corona Sekaligus!

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Asian Beautiful Doctor Nurse woman in uniform with stethoscope, rubber gloves, mask check syringe injection, portrait , studio lighting dark background four back light flare silhouette copy space Ilustrasi vaksin (Foto: iStock)
Jakarta -

Seorang wanita di Italia mengalami overdosis vaksin Corona. Perawat yang menyuntik salah ambil satu vial penuh yang setara dengan 6 dosis dan diberikan sekaligus!

Kejadian ini dialami seorang wanita 23 tahun di Noa Hospotal di Tuscany, Italia. Ia menerima vaksin Corona buatan Pfizer-BioNTech.

Kesalahan terjadi ketika perawat mengira vial atau kemasan vaksin yang disuntikkannya telah mengalami pengenceran. Sebelum digunakan, vaksin yang kemasan 6 dosis seharusnya memang diencerkan dan dimasukkan vial yang baru.

"Dia pkir sudah diencerkan," kata Dr Tommaso Bellandri, direktur keamanan pasien untuk otoritas kesehatan Tuscany, dikutip dari Livescience.

Perawat segera menyadari kesalahannya, lalu pasien dimonitor selama 24 jam di rumah sakit. Ia diberi cairan dan obat-obat penangkal demam sebagai pencegahan.

Beruntung, wanita ini tidak mengalami efek samping serius. Satu-satunya keluhan yang dialaminya adalah nyeri di tempat penyuntikan, dan ia sudah bisa meninggalkan rumah sakit pada 10 Mei.

Rumah sakit tengah menginvestigasi kesalahan tersebut.



Simak Video "6 Vaksin Corona yang Sudah Kantongi Restu dari WHO"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)