Rabu, 12 Mei 2021 09:30 WIB

Heboh Terapi Kotoran Sapi untuk COVID-19, Dokter Ingatkan Bahayanya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
cow calf in farm ,beautiful view of cow calf,brown young cow calf in india Heboh terapi kotoran sapi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Dinesh Ahir)
Jakarta -

Dokter ternama di India memperingatkan bahaya terapi kotoran sapi yang tengah heboh di India. Dipercaya bisa menangkal COVID-19, tapi berisiko menyebarkan penyakit lain.

"Tidak ada bukti saintifik konkret bahwa kotoran sapi dan urine sapi bisa meningkatkan imunitas terhadap COVID-19, ini semata berdasarkan kepercayaan," tegas Dr JA Jayalal dari Indian Medical Association, dikutip dari Khaleejtimes, Rabu (12/5/2021).

"Ada juga risiko kesehatan saat melumurkan dan mengonsumsi benda tersebut, penyakit lain bisa menyebar dari hewan ke manusia," lanjutnya.

Di negara bagian Gujarat, bagian barat India, beberapa prang meyakini dengan datang ke kandang sapi sekali sepekan dan melumuri tubuhnya dengan kotoran sapi dan urine sapi, imunitas akan meningkat. Jika sudah terinfeksi, dipercaya bakal cepat sembuh.

Sembari menunggu giliran dilumuri kotoran sapi, warga melakukan ritual tertentu seperti memeluk dan menghormati sapi, atau melakukan yoga untuk semakin meningkatkan sistem imun.

Risiko lain yang muncul dari praktik terapi kotoran sapi adalah kerumunan yang terjadi.



Simak Video "Sejumlah Warga India Percaya Kotoran Sapi Cegah Corona, Ini Kata Dokter"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)