Rabu, 12 Mei 2021 11:05 WIB

Sempat Dirumorkan Kanker Prostat, Apa Kabar Kak Seto Sekarang?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Kak Seto Sakit Kanker Prostat Sempat dirumorkan kena kanker prostat, ini kabar Kak Seto sekarang. Foto: Instagram
Jakarta -

Belum lama ini, psikolog anak Seto Mulyadi atau yang akrab disapa 'Kak Seto' dikabarkan terkena kanker prostat. Namun setelah menjalani operasi pada Februari lalu, hasil pemeriksaan lebih lanjut menunjukan dirinya bersih dari kanker. Kini ia kembali berkarya, bahkan beraktivitas fisik dari lari, koprol, sampai parkour.

Kak Seto menjelaskan, awalnya ia mengalami peningkatan frekuensi buang air kecil. Pada malam hari, ia harus bolak-balik ke kamar kecil sampai istirahatnya terganggu. Hal itulah yang mendorongnya memeriksakan diri ke dokter. Dokter sempat menduga, Kak Seto mengidap kanker prostat.

"Waktu menjalani operasi, keluarga sudah bingung ini kemungkinan kanker dan sebagainya. Tapi setelah biopsi dan pemeriksaan di lab, ternyata hasilnya negatif. Ya sudah bersyukur," ujarnya saat dihubungi detikcom, Selasa (11/5/2021).

"Memang yang terjadi adalah pembelajaran kelenjar prostat itu sehingga mengganggu saluran kemih. Kemudian terjadi buang air kecil sulit atau sering, tapi sedikit-sedikit pengeluarannya," lanjutnya.

Ia menyebut, penyakit semacam ini memang banyak dialami pria lansia.

"Usia begini saya kan tahun ini 70 tahun, jadi memang bagian dari gangguan pada orang dewasa yang sudah lansia, salah satunya adalah gangguan pembesaran kelenjar prostat," katanya.

Januari lalu, Kak Seto sempat bikin takjub warganet lantaran menunjukan dirinya beraksi parkour lewat akun Instagramnya. Baginya, aktif gerak, istirahat cukup, dan makan sehat adalah kunci untuk stay fit di usianya.

"Dalam usia yang Agustus besok 70 tahun, push up masih 80 kali, salto, koprol, dan lari-lari," katanya.

Mental sehat tak luput menjadi penopang kesehatannya. Menurutnya, penting untuk mengelola emosi tanpa rasa marah, sedih, dan takut berlebihan. Tak lupa berdoa dan bersyukur, serta rukun dengan keluarga.

"Saya masih mengajar, menulis artikel di media, kadang menciptakan lagu. Juga aktif seperti kemarin, saya seminggu di NTT menghibur anak-anak di daerah bencana. Beberapa hari kemudian, ke Lumajang yang kemarin kena gempa. Dengan cara begitu, ada keseimbangan hidup," pungkas Kak Seto.



Simak Video "Atasi Kebosanan Anak di Rumah dengan Komunikasi"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/kna)