Jumat, 14 Mei 2021 07:04 WIB

Warga AS Kini Tak Wajib Pakai Masker dan Jaga Jarak! Tapi Ada Syaratnya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Portrait of young woman putting on a protective mask for coronavirus isolation AS makin longgarkan aturan pakai masker (Foto: iStock)
Jakarta -

The US Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengumumkan warga yang sudah divaksinasi penuh kini tidak perlu menggunakan masker. Bukan cuma di luar ruangan, melainkan juga di dalam ruangan. Wah asyik!

Panduan yang telah diperbaharui memperbolehkan warga yang sudah divaksinasi penuh untuk tidak pakai masker lagi di sebagian besar tempat, yang artinya makin mendekati kehidupan normal seperti sebelum pandemi.

Menurut CDC, kebijakan ini antara lain bertujuan untuk mendorong lebih banyak warga AS untuk mau divaksinasi. Bahkan menurut panduan terbaru tersebut, warga yang sudah divaksinasi penuh juga tidak perlu menjaga jarak di beberapa tempat yang ditentukan.

Direktur CDC Rochelle Walensky mengatakan kebijakan baru ini diambil berdasarkan penurunan kasus yang tajam, makin luasnya vaksinasi terhadap usia muda, dan efikasi vaksin terhadap berbagai varian virus Corona.

"Di sini kami mengikuti sains," tegasnya, dikutip dari Reuters, Jumat (14/5/2021).

Presiden Joe Biden dalam sambutannya mengatakan, kebijakan ini sebagai 'milestone' yang luar biasa. Ia menyampaikannya tanpa menggunakan masker.

"Jika Anda sudah divaksinasi penuh dan bisa melepas masker, Anda mendapat hal untuk melakukan sesuatu yang terkenal dari orang Amerika di seluruh dunia: menyapa orang dengan senyuman," kata Biden.

Tapi ingat, harus sudah divaksinasi penuh!



Simak Video "Aturan Baru CDC soal Tanpa Masker di Luar Ruangan Jika Sudah Vaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)