Sabtu, 15 Mei 2021 08:00 WIB

RI Juga Bakal Pakai Pfizer, Kelak Bisa Lepas Masker Seperti AS? Tunggu Dulu

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
PM Israel Benjamin Netanyahu disuntik vaksin Pfizer-BioNTech. Ia dan Menteri Kesehatan Israel diketahu jadi yang pertama disuntik vaksin COVID-19 di negara itu. Vaksin Corona Pfizer (Foto: AP Photo/AMIR COHEN)
Jakarta -

Faktor efektivitas vaksin jadi salah satu pertimbangan Amerika Serikat untuk melonggarkan aturan pakai masker dan jaga jarak. Sama-sama pakai vaksin Corona Pfizer, kenapa Singapura malah lockdown?

Guru Besar Paru Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Tjandra Yoga Aditama membenarkan bahwa hasil penelitian terhadap vaksin yang digunakan turut mendasari kebijakan AS tersebut. AS menggunakan vaksin Pfizer, Moderna, dan Johnson & Johnson.

"Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) Amerika Serikat membuat rekomendasi ini berdasar hasil penelitian terhadap vaksin yang mereka gunakan, yaitu Pfizer, Moderna, dan Johnson & Johnson," katanya saat dihubungi ANTARA, Jumat (14/5/2021).

Namun kondisi berbeda terjadi di Singapura. Sama-sama menggunakan vaksin Corona Pfizer, negara kota tersebut saat ini justru memperketat pembatasan. Lockdown diberlakukan mulai Minggu (16/6/2021) dan berlaku selama 4 pekan hingga Minggu (13/6/2021). Kenapa vaksin yang sama tidak cukup meyakinkan di Singapura?

"Tentu saja ada beberapa faktor lain, seperti cakupan vaksinasi yang sudah dilakukan, trend epidemiologi yang sekarang ada di AS, upaya memotivasi yang belum divaksin, dan tentu juga aspek social determinant of health," kata Prof Tjandra saat dihubungi detikcom, Sabtu (15/5/2021).

Pfizer juga menjadi salah satu jenis vaksin Corona yang akan dipakai di Indonesia. Jika kelak sudah pakai vaksin Pfizer, RI bakal bisa lepas masker seperti AS atau tetap bisa lockdown seperti Singapura?

"Dalam situasi COVID-19 sekarang ini memang sulit kita (dan juga para pakar dunia) membuat 'jaminan' pasti, keadaannya masih sangat 'fluid', dapat berubah setiap saat," jelas Prof Tjandra.



Simak Video "6 Vaksin Corona yang Sudah Kantongi Restu dari WHO"
[Gambas:Video 20detik]
(up/naf)