Sabtu, 15 Mei 2021 15:41 WIB

Pakar IDI Wanti-wanti Kenaikan Positivity Rate Corona RI: Alarm Dini!

Ayunda Septiani - detikHealth
Program vaksinasi COVID-19 di Jakarta sasar warga di permukiman padat penduduk. Warga di Tanjung Priok dan Sunter Agung pun disuntik vaksin Corona dosis pertama Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: Pradita Utama)
Jakarta -

Kasus aktif Corona di Pulau Sumatera dilaporkan meningkat, tepat usai kebijakan pelarangan mudik diterapkan. Ketua Satgas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyoroti peningkatan tersebut sebagai 'alarm' kenaikan kasus aktif Corona secara nasional.

Terlebih, menurutnya, angka positivity rate Corona di DKI Jakarta dan nasional juga meningkat. Prof Zubairi menegaskan berakhirnya pandemi Corona masih jauh dari yang diperkirakan.

"Alarm dini. Positivity rate di Jakarta naik ke angka 10,9 persen. Sementara Indonesia 19,2 persen. Eskalasi kasus positif COVID-19 bisa dilihat di Sumatera. Cukup signifikan," tulisnya lewat akun pribadi Twitter, dikutip atas izin yang bersangkutan, Sabtu (15/5/2021).

"Sekali lagi, kita semua harus tanggung jawab untuk tetap pakai masker. Pandemi masih jauh dari selesai," tambahnya.

Sebelumnya, pulau Sumatera mengalami peningkatan kasus Corona usai pelanggaran mudik ditetapkan.

Satgas Penanganan COVID-19 mengungkap banyak warga yang nekat mudik lebih dulu sebelum larangan mudik berlaku.

"Kalau kita perhatikan hampir semua provinsi di Sumatera mengalami peningkatan kasus aktif, baik keterisian BOR di sejumlah RS," ungkap Doni Monardo dalam konferensi pers Sabtu (15/5/2021).



Simak Video "Melihat Positivity Rate Naik Turun di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/ayd)