Senin, 17 Mei 2021 20:45 WIB

Lansia DKI Wafat Usai Divaksin Corona, Komnas KIPI: Ada Penyakit Bawaan

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ratusan lansia menjalani vaksinasi COVID-19 di kawasan Jakarta Utara. Seperti diketahui, lansia jadi salah satu kelompok prioritas yang menerima vaksin Corona. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Seorang lansia asal DKI Jakarta wafat usai disuntik vaksin Corona AstraZeneca. Komnas Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Prof Hindra Irawan Satari menyebut yang bersangkutan besar kemungkinan tak meninggal karena vaksin Corona.

"Iya lansia, 61 tahun," jelas Prof Hindra kepada detikcom Senin (17/5/2021).

"Ada penyakit bawaan," lanjutnya.


Prof Hindra belum bisa menjelaskan detail kejadian meninggalnya lansia usai divaksin Corona AstraZeneca. Termasuk, apakah yang bersangkutan wafat sebelum ramai laporan kasus pemuda 22 tahun asal Jakarta Timur, yang mengalami kejadian serupa.

Ia mengaku, kini, investigasi dan pembahasan lanjut bersama Komda KIPI dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta masih berlangsung, demi menemukan titik terang apakah pemicu wafatnya yang bersangkutan benar terkait vaksin Corona.

Sementara, uji toksisitas dan uji sterilitas vaksin AstraZeneca yang tengah dilakukan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) adalah syarat dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), bilamana ditemukan kasus KIPI serius usai vaksinasi Corona.

"Sudah ada detailnya, namun kita perlu audit bersama dengan Komda, dengan dokter yang terkait dan Dinas Kesehatan terkait (untuk kemudian dijelaskan ke publik)," sambungnya.

Hingga kini, vaksin Corona AstraZeneca dihentikan sementara penggunaan dan distribusinya, hingga ada rekomendasi lebih lanjut dari BPOM. Hanya vaksin AstraZeneca batch CTMA457 saja yang dihentikan, di luar dosis tersebut Kemenkes menjamin vaksin Corona aman digunakan.



Simak Video "6 Vaksin Corona yang Sudah Kantongi Restu dari WHO"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)