Selasa, 18 Mei 2021 17:50 WIB

Sudah Masuk Uji Hewan, Kapan Nih Vaksin Merah Putih Siap Pakai?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Infografis Vaksin Merah Putih Vaksin Merah Putih. (Foto ilustrasi: detikcom)
Jakarta -

Vaksin Merah Putih buatan Universitas Airlangga (Unair) kini sudah memasuki tahapan uji preklinis pada hewan sejak 9 April 2021 lalu. Riset tersebut melibatkan sejumlah varian Corona yang belakangan dikhawatirkan 'kebal' pada antibodi pasca vaksinasi.

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito mengatakan pasca uji preklinis, nantinya vaksin tersebut akan masuk ke dalam tahapan uji klinis dan diberikan pada relawan. Jika sudah rampung, vaksin Merah Putih akan digunakan untuk program vaksinasi pemerintah, bersama dengan Sinovac dan AstraZeneca.

"Vaksin Merah Putih akan tetap masuk dalam program pemerintah," tegas Prof Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube BNPB, Selasa (18/5/2021).

Sebelumnya, Rektor Unair Prof Dr Mohammad Nasih mengungkapkan uji preklinik vaksin Merah Putih ditargetkan rampung dalam waktu 3 bulan. Sebelum akhirnya vaksin tersebut menjalani uji klinis dalam hitungan 8 bulan.

"Mudah-mudahan semuanya kelar, ditambah dengan 8 bulan mulai dari Juli, Agustus, September, Oktober, November, Desember, Januari, jadi 11 bulan lagi atau 10 bulan lagi ke depan mudah-mudahan selesai," jelas Prof Nasih saat di Gedung Rektorat, Selasa (10/4/2021) lalu.



Simak Video "Perkembangan Terkini Vaksin Merah Putih, Siap Diproduksi Massal?"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)