Rabu, 19 Mei 2021 04:59 WIB

Round Up

Juni-Juli Tambah Amunisi, RI Bakal Pakai Vaksin Corona Novavax-Pfizer

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jakarta -

Indonesia bakal punya tambahan amunisi untuk menangkal COVID-19. Juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi menyebut, vaksin Corona Novavax dan Pfizer diperkirakan masuk Juni-Juli.

"Nanti di bulan Juni dan Juli ada merk vaksin lain yaitu vaksin Novavax dan vaksin Pfizer, itu juga akan kita gunakan," kata dr Nadia, Selasa (18/5/2021).

Kedua jenis vaksin tersebut, Novavax dan Pfizer, juga akan digunakan dalam program vaksinasi COVID-19 di Indonesia. Sebelumnya, hingga saat ini Indonesia menggunakan 3 jenis vaksin yakni Sinovac, AstraZeneca, dan yang terbaru Sinopharm.

Terkait adanya berbagai jenis vaksin COVID-19 yang tersedia, dr Nadia berpesan untuk tidak pilih-pilih. Semua jenis vaksin yang digunakan, menurut dr Nadia sudah teruji manfaat dan keamanannya.

"WHO sendiri mengatakan jangan memilih vaksin karena semua vaksin itu sama baiknya. Artinya, vaksin yang sudah lolos uji klinis tahap 3 dan WHO sudah list vaksin yang bisa digunakan ini tentunya sama kualitasnya, keamanan, dan tentu manfaatnya," pesan dr Nadia.

Saat ini, Indonesia sudah memulai vaksinasi COVID-19 tahap ketiga. Jika tahap pertama dan kedua menyasar tenaga kesehatan, lansia, dan petugas layanan publik, tahap ketiga akan menyasar kelompok rentan termasuk penyandang disabilitas dan orang dengan gangguan jiwa.

(up/up)