Rabu, 19 Mei 2021 06:03 WIB

Round Up

DKI-Babel Paling Bandel, Terbanyak Langgar Prokes di Tempat Wisata

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Untuk mencegah penyebaran virus Corona, Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, ditutup sementara. Para pengunjung pun terpaksa balik kanan. Foto: Rengga Sencaya
Jakarta -

Kerumunan di tempat wisata banyak terjadi di sepanjang libur lebaran yang lalu. Soal protokol kesehatan, Satgas Penanganan COVID-19 mengungkap, DKI Jakarta mencatatkan kepatuhan paling rendah di tempat wisata.

"DKI Jakarta jadi provinsi dengan kepatuhan protokol kesehatan di tempat wisata yang paling rendah yaitu hanya sebesar 27 persen orang yang patuh untuk menjaga jarak di tempat wisata," kata juru bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito, Selasa (18/5/2021).

Kepatuhan untuk menjaga jarak di tempat wisata selama libur lebaran juga terpantau rendah di wilayah berikut:

  • Bangka Belitung 33 persen
  • Riau 58 persen
  • Sumatera Selatan 62 persen

Sedangkan terkait penggunaan masker di tempat wisata, kepatuhan paling rendah ada di wilayah berikut:

  • Bangka Belitung 33 persen
  • Sumatera Selatan 58 persen
  • DKI Jakarta 60 persen.

Prof Wiku mengingatkan untuk melakukan evaluasi terkait risiko penularan di tempat wisata. Di antaranya dengan melakukan screening random dengan tes antigen atau GeNose untuk tempat wisata dalam ruangan, dan protokol kesehatan yang ketat untuk tempat wisata luar ruangan.

"Kemudian berikutnya melarang pembukaan lokasi wisata di kabupaten-kota di wilayah zona oranye dan merah dan jika ditemukan pelanggaran maka akan dilakukan penutupan lokasi," pesan Prof Wiku.



Simak Video "Pfizer Uji Klinis Vaksin COVID-19 untuk Anak Usia 5-11 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)