Kamis, 20 Mei 2021 14:01 WIB

Positif Corona Sepulang Mudik? Ini yang Pertama Kali Harus Dilakukan

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Jakarta -

Sejumlah pemudik Lebaran 2021 dilaporkan positif Corona. Para pemudik tersebut ketahuan positif COVID-19 melalui screening di beberapa lokasi penyekatan jalur mudik.

Apa yang harus dilakukan jika dinyatakan positif Corona?

Menurut Sekretaris Jenderal Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) dr Lia G Partakusuma, SpPK(K), MM, MARS, apabila seseorang dinyatakan positif Corona, dianjurkan untuk segera datang ke fasilitas kesehatan terdekat, baik puskesmas atau rumah sakit. Terlebih jika mengalami gejala-gejala COVID-19, seperti batuk, demam, dan sesak napas.

"Apabila gejala ini sudah dirasakan, yang paling mudah itu gejalanya demam, batuk-batuk, pilek, sesak napas, diare, atau tidak merasakan rasa atau bau, itu segera saja datang ke rumah sakit," kata dr Lia dalam diskusi virtual, Kamis (20/5/2021).

"Nanti kami yang akan screening lebih lanjut, apakah ini pasien yang perlu dirawat, maka kami akan data untuk masuk dirawat. Tetapi, jika gejala ringan, kami inginnya bisa mendapatkan bantuan dari rumah sakit darurat, seperti Wisma Atlet," lanjutnya.

Oleh karena itu, dr Lia mengimbau agar masyarakat tidak perlu takut untuk melaporkan diri jika positif Corona. Masyarakat bisa melapor ke RT, RW, atau fasilitas kesehatan terdekat.

"Jadi masyarakat jangan takut, kalau positif jangan langsung menyembunyikan diri di rumah. Datanglah dulu, kadang kala ada yang merasa tidak apa-apa, tapi waktu difoto dadanya, atau di rontgen, ternyata ada gejala-gejala pneumonia," tuturnya.

(ryh/up)