Minggu, 23 Mei 2021 13:42 WIB

Beda Infeksi Jamur Hitam Vs Jamur Putih, Penyakit yang Serang Pasien Corona India

Ardela Nabila - detikHealth
FILE - In this April 30, 2021, file photo, health workers attend to COVID-19 patients at a makeshift hospital in New Delhi, India. COVID-19 infections and deaths are mounting with alarming speed in India with no end in sight to the crisis. People are dying because of shortages of bottled oxygen and hospital beds or because they couldn’t get a COVID-19 test. (AP Photo/File) COVID-19 di India. (Foto: AP/)

Siapa yang berisiko terinfeksi jamur putih?

Sama seperti jamur hitam, jamur putih bisa menyerang orang-orang dengan imunitas rendah. Orang-orang yang mengidap diabetes, kanker, dan penyakit kronis lainnya atau pasien yang harus menjalani perawatan di ICU diketahui lebih rentan terkena infeksi jamur hitam.

Sementara itu, jamur putih biasanya akan menyerang orang-orang yang memiliki komorbid atau penyakit penyerta. Mereka yang merupakan pasien kanker dan memiliki kadar gula berlebihan juga rentan terinfeksi jamur putih.

Bagaimana jamur putih menyebar dalam tubuh?

Menurut profesor AIIMS, dr Kaushal Verma, infeksi jamur putih bisa dilihat dari kondisi lidah yang memutih. Kemudian, infeksi tersebut akan menyebar ke organ lainnya, termasuk paru, otak, dan kerongkongan.

Untuk mencegah infeksi jamur putih dan jamur hitam, dr Pankaj Aggarwal menyarankan untuk memperkuat imunitas tubuh. Selain itu, pada pasien terinfeksi COVID-19, hindari penggunaan steroid berlebihan selama masa pengobatan.

Steroid sebaiknya hanya diberikan ketika kadar oksigen menurun dan muncul pneumonia. Pada kondisi stabil, kurangi penggunaan jumlah steroid untuk mencegah fluktuasi gula darah.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Belum Usai Jamur Hitam, India Diterpa Infeksi Jamur Putih"
[Gambas:Video 20detik]

(naf/naf)