Kamis, 27 Mei 2021 13:46 WIB

Kilas Balik Perjalanan Awal Corona di Indonesia

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Indonesian flag waving and Coronavirus 2019 nCov concept. Asian outbreak in Indonesia, coronaviruses influenza as dangerous flu strain cases as a pandemic. Microscope virus Covid19 close up. Kilas balik awal Corona di Indonesia. (Foto: Getty Images/iStockphoto/RECSTOCKFOOTAGE)
Jakarta -

Sudah lebih dari setahun sejak kasus awal Corona COVID-19 diumumkan di Indonesia. Penyakit yang menyerang sistem pernapasan ini pertama kali dilaporkan masuk di Indonesia pada 2 Maret 2020.

Momen awal Corona di Indonesia disampaikan oleh Presiden Joko Widodo, didampingi Menteri Kesehatan yang saat itu dijabat dr Terawan Agus Putranto, dengan dua warga Depok menjadi pasien pertama di Indonesia. Kasus itu terungkap setelah pasien 01 kontak dekat dengan WN Jepang yang positif COVID-19 saat diperiksa di Malaysia.

Berikut kilas balik awal Corona di Indonesia

Pasien 01

Pertama kali kontak 14 Februari

Pasien 01 mengikuti acara pesta dansa di daerah Kemang, Jakarta Selatan, di malam Valentine. Selang dua hari setelahnya, saat WN Jepang kembali ke Malaysia, dia merasa kurang enak badan dan mengeluhkan gejala mirip COVID-19

Gejala yang dialami

Dalam beberapa kesempatan, pasien 01 menceritakan gejala yang ia alami saat terinfeksi yakni batuk, sesak, dan demam dalam kurun waktu 10 hari. Ia sempat berobat ke salah satu RS di Depok.

Sempat diduga bronkopneumonia

Saat dirawat di salah satu RS di Depok, dokter mendiagnosa pasien 01 mengidap bronkopneumonia, salah satu jenis pneumonia yang menyebabkan peradangan pada paru-paru.

Dirujuk ke RSPI Sulianti Saroso

Setelah mendapat telepon bahwa rekannya yang WN Jepang positif COVID-19, pasien dipindahkan dari RS di Depok ke RSPI Sulianti Saroso. Statusnya juga menjadi orang dalam pengawasan dan pasien dalam pengamatan

Dinyatakan positif COVID-19

Setelah dilakukan pengambilan spesimen asofaring, orofaring, serum, dan sputum oleh Balitbangkes, ia dinyatakan positif COVID-19 pada 1 Maret dan awal Corona di Indonesia diumumkan pertama kali keesokan harinya.

Pada saat awal Corona di Indonesia, pasien 01 terinfeksi bersama ibunya yang kemudian disebut pasien 02.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Muncul Penyakit Menular, Ahli Nilai Aspek Kesehatan Belum Ditingkatkan"
[Gambas:Video 20detik]