Kamis, 27 Mei 2021 13:46 WIB

Kilas Balik Perjalanan Awal Corona di Indonesia

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Indonesian flag waving and Coronavirus 2019 nCov concept. Asian outbreak in Indonesia, coronaviruses influenza as dangerous flu strain cases as a pandemic. Microscope virus Covid19 close up. Kilas balik awal Corona di Indonesia. (Foto: Getty Images/iStockphoto/RECSTOCKFOOTAGE)

Pasien 02

Awal mula bergejala

Pasien 02 kontak dengan anaknya, pasien 01, yang kala itu diduga mengidap COVID-19. Pada tanggal 22 Februari, ia merasa tidak enak badan dan akhirnya berobat ke rumah sakit di kawasan Depok.

Di rumah sakit tersebut, dokter sempat mendiagnosa pasien 02 mengidap Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Dirujuk ke RSPI Sulianti Saroso

Setelah mendapat kabar mengenai WN Jepang yang positif COVID-19, pasien 02 bersama anaknya dirujuk ke RSPI Sulianti Saroso untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Mereka berdua diisolasi secara terpisah.

Positif COVID-19

Dilakukan pengambilan sampel yang sama dengan pasien 01. Setelah diperiksa, ia juga dinyatakan positif COVID-19 pada 1 Maret 2021.

Adanya dua kasus awal Corona di Indonesia mematahkan mitos 'kebal Corona' pada saat kasus COVID-19 sudah menginfeksi sekitar 67 ribu warga dunia. Spekulasi ini juga diperkuat setelah pemeriksaan terhadap 78 WNI awak kapal pesiar Diamond Princess seluruhnya menunjukkan hasil negatif.

Saat ini kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Indonesia sudah mencapai lebih dari 1,7 juta orang dan belum ada tanda-tanda penyakit mematikan ini melandai.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Bisakah RI Turunkan Status Pandemi ke Endemi? Ini Kata Epidemiolog"
[Gambas:Video 20detik]

(kna/up)