Sabtu, 29 Mei 2021 09:58 WIB

Bumil Wajib Tahu! 10 Tanda Waktu Melahirkan Sudah Dekat

Ardela Nabila - detikHealth
Ilustrasi Melahirkan di Pesawat Tanda-tanda waktu melahirkan sudah dekat (Foto: Getty Images/iStockphoto/skynesher)

6. Berat badan tidak lagi bertambah

Berat badan biasanya tidak akan lagi bertambah di akhir masa kehamilan. Bahkan, beberapa wanita hamil mengalami penurunan berat badan. Tak perlu khawatir hal ini akan mempengaruhi berat pada bayi, sebab ini merupakan sesuatu yang normal.

Pada bumil, peristiwa ini bisa terjadi lantaran tingkat cairan ketuban yang lebih rendah. Selain itu, sering buang air serta aktivitas yang meningkat juga bisa menjadi alasannya.

7. Perubahan energi

Pada masa akhir kehamilan, ibu hamil biasanya akan menjadi lebih sulit untuk tertidur pulas di malam hari yang menyebabkan menjadi mudah kelelahan. Namun, ada pula ibu hamil yang justru merasa sebaliknya, yakni sangat berenergi dan ingin melakukan segala aktivitas.

8. Keluar cairan vagina

Pada masa mendekati waktu persalinan, wanita akan mengalami hilangnya sumbatan lendir yang menyebabkan keluarnya cairan vagina berupa lendir, seperti saat keputihan. Namun, biasanya teksturnya akan sedikit lebih kental dan cenderung berwarna merah muda.

9. Kontraksi kuat dan sering

Kontraksi merupakan tanda bayi akan segera lahir. Umumnya, bumil akan mengalami kontraksi Braxton Hicks atau kontraksi palsu selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan. Lalu, bagaimana cara membedakan kontraksi palsu dan asli?

  • Ketika ibu hamil aktif, kontraksi asli biasanya akan semakin terasa kuat, sedangkan kontraksi palsu akan mereda.
  • Ketika berubah posisi, kontraksi asli biasanya akan tetap terasa, sementara Braxton Hicks akan menghilang.
  • Kontraksi asli akan terasa semakin sering dan sakit seiring bertambahnya usia kehamilan dan memiliki pola tertentu. Di sisi lain, Braxton Hicks terjadi secara acak dan tanpa pola.
  • Kontraksi asli bisa saja terasa seperti kram saat menstruasi.

10. Air ketuban pecah

Pecahnya air ketuban merupakan tanda pasti bahwa bayi akan segera keluar dari rahim. Dikutip dari Healthline, pecah ketuban bisa terjadi sebelum terjadinya kontraksi. Peristiwa ini disebut dengan premature rupture of membranes (PROM). Namun, PROM hanya dialami oleh 8-10 persen bumil saja. Pada kebanyakan kasus, air ketuban akan pecah ketika kontraksi dimulai.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(up/up)