Selasa, 01 Jun 2021 05:30 WIB

Busui Perlu Tahu, Ini Tips Menyimpan ASI Perah di Kulkas Satu Pintu

Yuviniar Ekawati - detikHealth
breast milk in plastic bags on refrigerator shelf, frozen mother milk  for infant, breastfeeding Menyimpan ASI Perah (Foto: Getty Images/iStockphoto/Ratchat)
Jakarta -

Kualitas Air Susu Ibu (ASI) mudah sekali terpengaruh faktor lingkungan. Karenanya, menyimpan ASI Perah (ASIP) tidak bisa sembarangan. Menyimpannya di kulkas satu pintu juga lebih menantang.

Dikutip dari Stanford Children, ASI yang baru diperah memiliki sifat melawan bakteri yang lebih baik daripada ASI yang disimpan dan dibekukan. ASI yang baru diperah juga memiliki kandungan antioksidan, vitamin, dan lemak yang lebih tinggi.

Maka dari itu, perlu ketelitian saat menyimpan dan membekukan ASI untuk dapat menjaga kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Tetapi, beberapa ibu sering dihadapkan pada kondisi tertentu yang membuatnya tidak bisa memberikan ASI yang baru diperah dan memberikan ASI secara langsung atau direct breastfeeding sehingga harus memberikan ASIP.

Bagi ibu yang memiliki kesibukan bekerja misalnya, kondisi tersebut membuat mereka harus memerah ASI untuk diberikan nanti sehingga perlu disimpan di mesin pendingin atau kulkas.

Untuk dapat menjaga kualitas kandungan ASIP perlu memerhatikan pedoman tempat penyimpanan ASI. Menurut Konsultan Laktasi, Kimberly Falatic, IBCLC, dalam penyimpanan ASI, pastikan ASI yang disimpan benar-benar segar dengan nutrisi optimal dan penguat sistem kekebalan.

Lemari es satu pintu yang umum ditemukan di banyak rumah sebenarnya dapat dijadikan tempat menyimpan ASI. Hal ini dikarenakan kulkas ini juga memiliki freezer tersendiri di atasnya.

Meski begitu, perlu diketahui bahwa kulkas satu pintu memiliki daya tahan yang lebih rendah dari wadah yang memang dikhususkan untuk mesin pembeku atau freezer semata.

Sehingga, daya tahan dan masa waktu simpan pada kulkas satu pintu lebih terbatas. Agar susu tidak rusak saat diberikan ke buah hati, perlu dipastikan bahwa penyimpanannya tidak terlalu lama.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Kata WHO Soal Kemungkinan Penularan Corona Lewat ASI"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)