Kamis, 03 Jun 2021 05:30 WIB

Viral Hoax Makan Bawang 3 Kali Sehari Sembuhkan Corona, Ini Faktanya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
bawang merah Bawang merah (Foto: iStock)
Jakarta -

Beberapa waktu lalu beredar narasi viral makan bawang merah tiga kali sehari dan memakai perasan air lemon bisa menyembuhkan infeksi COVID-19. Narasi ini mulanya berasal dari cuitan akun Pam Vredenburg di akun Facebook.

"Makanlah bawang merah 3 kali sehari, balurkan garam di dekat hidung. Tidur dengan posisi tengkurap selama 2 jam. Teteskan air perasan lemon ke hidung untuk melawan COVID-19," demikian narasi viral yang dipastikan hoax, dikutip dari laman resmi Satgas COVID-19.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memastikan tidak ada bukti ilmiah terkait hal tersebut. Dikutip dari Times Now, dokter spesialis onkologi Rumah Sakit Wockhardt, Mira Road, Mumbai, dr Chandra Veer Singh juga menjelaskan meneteskan air perasan lemon ke hidung malah bisa menyebabkan sinusitis.

Ada juga risiko seperti iritasi hingga peradangan saluran pernapasan. Klaim serupa juga viral di India. Belakangan, pemerintah India pun memastikan tak ada bukti ilmiah bawang merah mengobati Corona.

Kerap ramai diperbincangkan di media sosial, penggunaan perasan air lemon juga tidak meningkatkan kekebalan atau mencegah infeksi COVID-19.

Akun Twitter resmi PIB Fact Check merilis pernyataan terkait hoax tersebut.

"Sebuah video sedang dibagikan di media sosial yang mengklaim bahwa memasukkan 2 tetes jus lemon ke dalam hidung akan segera membunuh virus Corona. Klaim yang dibuat dalam video adalah palsu. Tidak ada bukti ilmiah bahwa infeksi COVID-19 dapat hilang dengan meneteskan perasan lemon ke hidung," jelas departemen informasi publik India, PIB.



Simak Video "Hoax Vaksin Timbulkan Varian Baru dan Sebabkan Kematian Dalam 2 Tahun!"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)