Jumat, 04 Jun 2021 14:20 WIB

Berani Coba? Ini Sunat Tradisional Tanpa Bius Ala Bengkong Betawi

Vidya Pinandhita - detikHealth
Sunat Bengkong Betawi Si Pitung Metode sunat tradisional ala Bengkong Betawi masih eksis di ibukota (Foto: Vidya Pinandhita/detikHealth)

Soal lebih cepat sembuh tentu ada penjelasannya. Sunat yang dikerjakan Mahfudz bisa lebih cepat sembuh lukanya karena tidak menggunakan penutup luka berupa kain khusus atau klem sehingga penis lebih cepat kering karena terkena angin.

Setelah khitan, Mahfudz membekali pasien dengan obat untuk mempercepat penghentian aliran darah. Jika darah masih terus mengalir, Mahfudz menyarankan agar penis pasien dikenai putih telur sembari ditadah kapas. Tujuannya, merekatkan kulit penis yang terbuka dan menghentikan aliran darah. Waduh, apa nggak malah infeksi ya?

Namun pada dasarnya, berdarah saat sunat menurut Mahfudz adalah hal yang wajar. Hampir semua metode sunat punya risiko perdarahan.

"Kulit dipotong, diiris kan pasti keluar darah. Almarhum orangtua saya suka bercanda. Kalau saya potong lalu nggak keluar darah, ini orang apa bukan?" pungkas Mahfudz sembari tertawa.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(vyp/up)