Sabtu, 05 Jun 2021 07:00 WIB

4 Metode Sunat Paling Hits saat Ini, Laser hingga Stapler

Ardela Nabila - detikHealth
Bulan Juni merupakan masa liburan panjang bagi anak-anak sekolah. Tak sedikit acara sunatan massal mulai marak digelar, seperti yang dilakukan PT Garuda Indonesia (persero) Tbk, dalam rangka melaksanakan CSR bagi masyarakat sekitar di Halim Perdanakusumah, Jakarta. File/detikFoto. Ilustrasi sunat (Foto: Rachman Haryanto)

3. Konvensional

Meski telah banyak teknik sunat modern yang menawarkan banyak kelebihan dan menggunakan teknologi canggih, sunat konvensional atau sirkumsisi masih populer hingga saat ini. Berbeda dengan teknik sunat modern, teknik sunat yang satu ini tidak perlu dibius terlebih dahulu.

Sehingga, prosesnya adalah dengan langsung memotong kulup penis dengan alat potong, seperti gunting atau pisau bedah. Meski dianggap lebih minim risiko, waktu penyembuhan metode sunat konvensional membutuhkan waktu yang cukup lama, yakni selama 5-7 hari.

4. Stapler

Metode sunat modern lainnya yang tidak kalah hits dengan metode klem dan laser adalah metode stapler. Sunat dengan metode ini dilakukan dengan alat berbentuk lonceng di bagian dalam yang berfungsi untuk melindungi kepala penis.

Di bagian luar, terdapat lonceng lainnya yang memiliki pisau bundar dan berfungsi untuk memotong kulup. Adapun stapler yang berfungsi sebagai penjahit guna menutup luka dan menghentikan pendarahan usai sunat.

Mirip dengan metode klem, proses sunat dengan metode stapler membutuhkan waktu singkat, yaitu selama 10-15 menit saja. Namun, metode stapler umumnya membutuhkan biaya yang lebih mahal dari metode sunat lainnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Sunat ala 'Bengkong' Betawi, Prosesnya Diklaim Cuma 2 Menit"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)