Sabtu, 05 Jun 2021 09:26 WIB

Terpopuler Sepekan

Fadli Zon Positif Terinfeksi COVID-19 dan Manfaat Vaksinasi

Firdaus Anwar - detikHealth
Fadli Zon usai menghadiri acara di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Kamis (8/4/2021). Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Jakarta -

Tokoh politik Fadli Zon dikabarkan terinfeksi COVID-19 meski sudah dua kali menjalani vaksinasi. Fadli mengaku kondisi kesehatannya tidak dalam bahaya dan gejala yang dialami hanya batuk-batuk.

"Covid-19 ini nyata ada. Alhamdulillah baik2 saja. Mari waspada jaga kesehatan, jaga jarak, jaga imunitas tubuh. Mohon doanya," tulis Fadli Zon di akun Twitter-nya @fadlizon pada Minggu (30/5/2021).

Fadli Zon bukan satu-satunya tokoh yang ramai dikabarkan terinfeksi COVID-19 setelah vaksinasi. Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Saleh Partaonan Daulay dan istri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Atalia Praratya, juga dinyatakan positif usai vaksinasi.

Ketua Komnas KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) Prof Dr dr Hinky Hindra Irawan Satari, SpA(K), M.TropPaed, dalam rapat dengan DPR RI menegaskan vaksin COVID-19 memang tidak menjamin 100 persen bisa membuat seseorang tidak tertular. Namun, vaksin tetap bisa memberi perlindungan agar gejala tidak menjadi parah jika kemudian akhirnya tertular.

Dalam uji klinis sekalipun, relawan vaksin tetap punya kemungkinan untuk tertular. Data efikasi didapat dengan membandingkan seberapa banyak yang tertular pada kelompok penerima vaksin, dengan seberapa banyak yang tertular pada kelompok plasebo atau penerima obat kosong.

"Terjemahannya, orang yang tidak divaksinasi 3 kali lebih berisiko terinfeksi. Orang yang divaksinasi, sepertiga kemungkinan untuk terinfeksi," kata Prof Hindra.

Ada tiga faktor yang disebut Prof Hindra bisa membuat seseorang tetap tertular meski sudah divaksinasi. Faktor itu adalah daya tahan tubuh, keganasan virus, dan lingkungan.

Oleh karena itu beberapa ahli dan otoritas kesehatan tetap menyarankan penerapan protokol kesehatan bagi orang-orang yang sudah divaksinasi. Ada kekhawatiran pengabaian protokol malah membuat orang yang sudah divaksinasi menjadi penyebar penyakit karena tidak sadar terinfeksi oleh virus Corona dengan gejala ringan.



Simak Video "Hasil Uji Coba Akhir Vaksin CureVac Kurang Ampuh Lawan COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)