Minggu, 06 Jun 2021 17:41 WIB

4 Fakta Sunat Tanpa Bius ala Bengkong Betawi, Masih Eksis Lho!

Ardela Nabila - detikHealth
Sunat Bengkong Betawi Foto: Vidya Pinandhita/detikHealth


3. Turun temurun

Menurut juru sunat bengkong Haji Mahfudz Zayadi yang telah membuka praktek sunat sejak tahun 1989, keterampilan sunat yang ia miliki merupakan bakat turun temurun yang didapat dari kakek buyutnya.

Sebelum akhirnya ia melanjutkan pekerjaan ayahnya, Mahfudz mengaku sudah sering memperhatikan ayahnya menyunat pasien dan menjadi 'kenek' yang membantu ayahnya. Bahkan, ia merupakan generasi ke-4 yang kini melanjutkan praktek turun temurun itu.

4. Tetap ada peminatnya, lho!

Di tengah maraknya berbagai metode sunat modern yang menyediakan berbagai fasilitas, metode sunat tradisional tetap eksis hingga saat ini. Bahkan, 'Bengkong Si Pitung' masih aktif membuka praktek sunat untuk pria dari beragam usia.

Pasalnya, selain harganya yang lebih ekonomis, sunat tradisional juga tak kalah higienis dibandingkan dengan sunat yang dilakukan oleh dokter. Selain itu, Mahfudz juga menawarkan fasilitas yang tak kalah menarik, yakni dengan membuka layanan sunat di rumah.

Tak hanya itu, sunat metode tradisional memiliki proses yang lebih cepat dan diklaim lebih cepat sembuh. Sebab, luka bekas sunat tidak akan ditutup, sehingga penis akan lebih cepat kering lantaran terkena angin.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Sunat ala 'Bengkong' Betawi, Prosesnya Diklaim Cuma 2 Menit"
[Gambas:Video 20detik]

(Ardela Nabila/up)