Rabu, 09 Jun 2021 09:00 WIB

8 Cara Memutihkan Kulit Alami di Rumah, Bakal Sukses Bikin Pangling!

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Woman, Skin care, Cream, Bedroom. Woman taking care of her legs at home.  Shallow DOF. Developed from RAW; retouched with special care and attention; Small amount of grain added for best final impression. 16 bit Adobe RGB color profile. Ada banyak cara alami untuk memutihkan kulit. (Foto: Getty Images/milanvirijevic)
Jakarta -

Bagaimana cara memutihkan kulit secara alami dengan mudah? Mungkin pertanyaan itu kerap ditanyakan oleh sebagian orang.

Saat ini memang sudah banyak produk kecantikan untuk merawat dan memutihkan kulit. Namun, perlu biaya yang tak sedikit untuk menggunakan produk tersebut.

Oleh karena itu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan tampak lebih cerah. Namun perlu diingat, memutihkan kulit yang aman adalah tidak dengan mengubah warna alaminya.

Lantas bagaimana caranya? Berikut sejumlah cara memutihkan kulit yang bisa kamu coba, seperti dikutip dari India.com.

1. Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat menyebabkan kulit dan wajahmu menjadi lebih kusam. Oleh karenanya, tidur 7-9 jam sehari sangat disarankan untuk menjaga kesehatan kulit.

Saat tidur, tubuh akan meningkatkan aliran darah ke kulit, yang berarti kulitmu akan menjadi lebih sehat dan cerah.

Cara memutihkan kulit selanjutnya adalah dengan menjaga asupan cairan ke dalam tubuh. Kamu bisa minum air putih setidaknya minimal 8 gelas sehari.2. Minum air putih yang cukup

Rutin minum air putih dapat memperbaiki tekstur kulit kamu menjadi lebih sehat, dan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

3. Pakai sunscreen

Kamu perlu melindungi kulitmu dari radiasi matahari saat beraktivitas di luar ruangan dan pakai sunscreen adalah cara terbaik. Oleskan sunscreen ke permukaan kulit, dan pakailah topi atau jaket untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan polusi.

4. Pakai pelembab

Menggunakan pelembab juga dianjurkan untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan cerah. Kamu bisa menggunakan pelembab secara berkala agar hidrasinya tetap terjaga.

5. Pakai minyak zaitun dan madu

Penggunaan minyak zaitun dan madu juga bisa menjadi salah satu cara memutihkan kulit. Caranya yakni dengan mencampurkan dua sendok makan minyak zaitun dan satu sendok teh madu, kemudian oleskan serta pijat dengan lembut ke kulit selama beberapa menit.

Beberapa tetes air lemon juga dianjurkan bagi kamu yang memiliki kulit berminyak. Kemudian bersihkan cairan ini dengan air hangat.

Selain mengikuti tips di atas, kamu juga mencoba tiga cara memutihkan kulit secara alami seperti berikut ini. Klik halaman selanjutnya.

6. Melakukan uap wajah

Metode ini dapat membuka pori-pori dan membersihkan semua kotoran di wajah. Disarankan untuk menggunakan air dari rebusan kulit lemon untuk melakukan uap wajah.

Lakukan ini selama beberapa menit dan kemudian keringkan wajah kamu dengan menggunakan handuk basah yang lembut. Vitamin C pada lemon dapat meningkatkan kecerahan kulit.

7. Pakai lidah buaya

Campurkan dua sendok teh gel lidah buaya dengan setengah sendok teh kunyit dan satu sendok makan madu dalam mangkung. Kemudian oleskan cairan ini ke wajah dan leher kamu dan biarkan selama 15 menit.

Setelah itu bersihkan dengan menggunakan kapas yang telah direndam di dalam susu dingin. Kemudian cuci wajah dan lehermu dengan air dingin. Metode ini dapat mencerahkan kulit, serta menjaga kulit tetap lembut.

8. Pakai putih telur

Putih telur memiliki sifat astringent, yang dapat mengecilkan pori-pori dan mengencangkan kulit serta mencerahkannya. Cara memutihkan kulit dengan putih telur adalah dengan mencampurkan dua sendok teh tepung maizena dan satu putih telur, kemudian oleskan pada wajah.

(ryh/kna)