ADVERTISEMENT

Jumat, 11 Jun 2021 08:16 WIB

5 Cara Menghilangkan Jerawat Batu di Wajah, Simpel tapi Worth to Try!

Vidya Pinandhita - detikHealth
Lagi Jerawatan? Hindari 5 Makanan Ini Agar Jerawat Tak Makin Parah Cara menghilangkan jerawat batu dengan alami dan mudah. (Foto: iStock)
Jakarta -

Bagi sebagian orang, terlebih pada jenis kulit wajah sensitif berjerawat, membasmi jerawat bukan perkara gampang. Nyatanya, cara menghilangkan jerawat batu memang tak segampang itu. Kondisi ini kadang bikin seseorang jadi nggak pede.

Jerawat batu (cystic acne) disebabkan tumpukan minyak dan sel kulit mati yang mengeras pada jaringan kulit dalam, jauh di dalam folikel rambut. Akibatnya, timbul peradangan sehingga muncul benjolan besar pada pipi atau dagu.

"Jerawat ini meninggalkan bekas dan perlu dirawat dengan benar. Namun kebanyakan orang cenderung memperlakukan jerawat batu seperti noda biasa, padahal justru bisa menyebabkan iritasi kulit sensitif," kata dermatolog dr Elizabeth Tanzi, dikutip dari Teen Vogue, Kamis (10/6/2021).

Dear acne fighter, ini beberapa cara menghilangkan jerawat batu yang bisa dicoba di rumah. Simpel banget kok!

1. Kompres dengan es batu

Pernah merasa nyeri sampai pipi nyut-nyutan gara-gara jerawat batu? Atau gatal pada area sekitar jerawat yang membengkak dan memerah? Mengatasinya, coba kompres area jerawat dengan es batu.

Es batu bisa dioleskan langsung di titik jerawat secara memutar agar kulit terasa dingin. Langkah ini bisa mendinginkan pori-pori kulit dan menghilangkan kotoran minyak. Untuk langkah lebih maksimal, coba lakukan ini 3 kali sehari.

2. Selektif soal produk wajah

Untuk menjaga kebersihan muka secara optimal tanpa menyebabkan kulit kering, sabun cuci muka bisa digunakan sekali sehari saat malam, atau maksimal 2 kali sehari.

Gunakan produk yang berbahan lembut dan bersifat mengeringkan. Usahakan untuk tidak menggunakan produk dengan bulir scrub agar jerawat tak semakin iritasi.

Begitu pula dalam memilih produk make up, pastikan kosmetik berlabel "noncomedogenic" dan "oil-free" agar tak menyumbat pori-pori dan memperparah kondisi wajah.

Klik halaman selanjutnya untuk tahu cara lain mengatasi jerawat batu.

3. Atur asupan makan

Menurut dermatologis dr Laurel Geraghty, pertumbuhan jerawat batu kerap dipicu konsumsi produk susu, makanan tinggi gula, dan karbohidrat berlebih. Jika Anda penggemar kudapan manis, poin ini mungkin boleh jadi perhatian.

Cobalah untuk lebih selektif soal menu makan. Anda bisa memperbanyak asupan protein tanpa lemak, biji-bijian, serta sayur dan buah.

4. Gunakan masker tomat

Selain sehat dimakan, tomat juga bisa diolah menjadi masker wajah. Pasalnya, kandungan vitamin A dan C pada tomat dipercaya bisa menghilangkan jerawat secara alami.

Caranya. potong tomat menjadi 2 bagian, lalu oleskan ke kulit wajah secara merata. Diamkan selama 20-30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

5. 'DIY' masker madu

Selain tomat, Anda juga bisa DIY (Do It Yourself)) masker wajah dari madu. Biasanya, madu digunakan sebagai scrub untuk bibir. Namun rupanya, madu juga bersifat antiseptik sehingga bisa menghilangkan bakteri penyebab jerawat, termasuk jerawat batu.

Oleskan madu ke area kulit yang ditumbuhi jerawat. Jika ingin lebih maksimal, madu bisa dioleskan ke seluruh area kulit di wajah. Dengan begitu, madu bisa menjadi cara menghilangkan jerawat batu secara alami.



Simak Video "Epidermolisis Bullosa, Kelainan Kulit Langka Pada Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT