Jumat, 11 Jun 2021 18:30 WIB

China Sudah Vaksinasi Corona 600 Juta Warganya, Capai Herd Immunity?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
In this photo released by Xinhua News Agency, a medical worker injects a man with a COVID-19 vaccine at a healthcare center in Beijing, China, Saturday, Jan. 2, 2021. China authorized its first homegrown COVID-19 vaccine for general use on Dec. 31, 2020, adding another shot that could see wide use in poorer countries as the virus surges back around the globe. (Peng Ziyang/Xinhua via AP) Foto: Peng Ziyang/Xinhua via AP
Jakarta -

Seorang pejabat kesehatan di China melaporkan bahwa sudah lebih dari 600 juta orang di negaranya telah divaksinasi COVID-19. Artinya, negara itu sudah memvaksinasi 40 persen warganya, yang berjumlah 1,4 miliar jiwa.

Dikutip dari Reuters, sebanyak 845 juta dosis vaksin Corona telah diberikan kepada warga China, yang mencakup 622 juta orang. Hal tersebut disampaikan oleh Cui Gang, seorang pejabat di Komisi Kesehatan Nasional China (NHC), Jumat (10/6/2021) waktu setempat.

Meski begitu, Cui tidak merinci berapa banyak orang yang telah divaksinasi COVID-19 secara penuh, atau sudah mendapat dua dosis vaksin Corona.

Dalam pelaksanaannya, China menggunakan berbagai macam jenis vaksin Corona. Salah satunya adalah vaksin Sinopharm, yang baru-baru ini telah mendapat persetujuan untuk diberikan kepada kelompok usia 3-17 tahun di China.

Wakil Direktur NHC, Zeng Yixin, pun optimis bahwa China akan mencapai herd immunity atau berhasil memvaksinasi 70 persen warganya pada akhir 2021 nanti.



Simak Video "Jokowi: Segera Percepat Vaksinasi untuk Ciptakan Herd Immunity!"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/naf)