Sabtu, 12 Jun 2021 20:00 WIB

Round Up

Dipakai untuk Usia 18 Tahun di DKI, Ini Syarat Penerima Vaksin AstraZeneca

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Petugas tenaga kesehatan memberikan vaksin Astrazeneca kepada warga di kawasan RW 01 Sunter Agung dan Puskesmas Cilincing, Jakarta Utara, Senin (24/5/2021). Vaksin AstraZeneca batch CTMAV547 resmi disetop. Namun Vaksin AstraZeneca selain batch CTMAV547 tetap digunakan dalam program vaksinasi nasional. Vaksinasi COVID-19. (Foto ilustrasi: Pradita Utama)
Topik Hangat Vaksin Corona 18+
Jakarta -

Kelompok usia 18 tahun kini sudah bisa mendapat vaksin Corona di DKI Jakarta. Kebijakan ini tak hanya berlaku bagi warga ibu kota, tetapi mereka yang KTP non-Jakarta juga dapat divaksinasi COVID-19.

"Tidak hanya bagi warga dengan KTP DKI Jakarta, vaksinasi ini berlaku bagi masyarakat usia 18 tahun ke atas yang sering beraktivitas di DKI Jakarta," demikian rilis Kementerian Kesehatan RI, dikutip dari situs resminya Sabtu (12/6/2021).

"Masyarakat tinggal mendatangi Puskesmas dan rumah sakit yang ada di DKI Jakarta untuk divaksinasi COVID-19," lanjutnya.

Menurut juru bicara vaksinasi dari Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi, dalam pelaksanaannya, vaksin yang digunakan adalah vaksin AstraZeneca. Vaksin ini sudah terbukti aman dan telah mendapat izin penggunaan darurat (EUL) dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Apa saja syarat penerima vaksin AstraZeneca?

dr Nadia mengatakan syarat penerima vaksin AstraZeneca masih sama dengan rekomendasi yang dikeluarkan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) beberapa waktu lalu.

"Masih sama (dengan syarat terdahulu). Di atas usia 18 tahun yang ditunda yang ada riwayat kekentalan darah. Penyakit akut, demam, alergi berat, diminta vaksinnya di RS," ujar dr Nadia.

Berikut syarat penerima vaksin Corona:

1. Apabila pernah positif Corona dan sudah sembuh lebih dari 3 bulan, maka bisa divaksinasi COVID-19.

2. Hanya kelompok usia di atas 18 tahun yang diperbolehkan untuk mendapat vaksin Corona.

3. Tekanan darah harus di bawah 180/110 mmHg.

4. Ibu hamil belum bisa divaksinasi COVID-19. Apabila ingin melakukan perencanaan kehamilan, bisa dilakukan setelah mendapat dua dosis vaksin Corona.

5. Ibu menyusui diperbolehkan untuk mendapat vaksin Corona.

Bagaimana dengan yang memiliki sejumlah penyakit tertentu? Klik halaman selanjutnya untuk syarat penerima vaksin AstraZeneca.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Hasil Uji Coba Akhir Vaksin CureVac Kurang Ampuh Lawan COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
Topik Hangat Vaksin Corona 18+