Senin, 14 Jun 2021 17:47 WIB

Warga Desa di India Bangun Kuil 'Dewi Corona', Yakin Bisa Usir COVID-19

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jumlah kasus COVID-19 di India terus meroket hingga tembus angka 24 juta. Informasi yang salah mengenai virus Corona pun melonjak seiring dengan meningkatnya jumlah kematian akibat COVID-19 Foto: AP Photo/Channi Anand
Jakarta -

Berbagai macam cara ditempuh warga India untuk menghadapi COVID-19. Salah satunya yang paling terbaru adalah membangun kuil khusus untuk 'Dewi Corona'.

Aktivitas ini dilakukan oleh sejumlah penduduk di desa Shuklapur, dari negara bagian utara Uttar Pradesh, India. Mereka membangun kuil tersebut dengan harapan bisa terlindungi dari ancaman virus Corona.

Dikutip dari Reuters, para penduduk melakukan persembahan berupa doa-doa dan memberikan air suci serta bunga ke dalam kuil 'Dewi Corona', yang juga bernama 'Corona Mata'.

"Mungkin dengan restunya, warga desa, desa kami, dan semua orang mendapat pertolongan," kata seorang warga yang bernama Sangeeta.

Diketahui, India menjadi salah satu negara di dunia yang paling terdampak COVID-19. India secara berturut-turut melaporkan ratusan ribu kasus baru Corona setiap harinya pada bulan April-Mei 2021.

Begitu banyak orang yang meninggal akibat penyakit ini di India, karena penuhnya fasilitas kesehatan di sana sehingga para pasien telat mendapat perawatan. Terlebih banyaknya isu yang beredar, seperti menumpuknya jenazah di Sungai Gangga dan berbagai infeksi 'jamur' yang menyerang pasien Corona, membuat penanganan COVID-19 di India menjadi tampak mengkhawatirkan.

Namun, saat ini penambahan kasus Corona di India sudah mulai menurun, bahkan laporan kasusnya telah berada di bawah angka 100.000 kasus per hari.

Menurut data Kementerian Kesehatan India, per Sabtu (12/6/2021) ada 84.332 kasus baru Corona yang tercatat, di mana jumlah ini merupakan kasus terendah lebih dari dua bulan terakhir. Meski demikian, pasien yang meninggal akibat COVID-19 di negara itu sudah mencapai 367.081 orang.



Simak Video "India Tak Ingin B1617 Disebut 'Varian Corona India'"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)