Selasa, 15 Jun 2021 12:30 WIB

8 Ciri-ciri Batu Ginjal, Salah Satunya Sensasi Terbakar Saat Kencing

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
ilustrasi batu ginjal Ciri-ciri batu ginjal yang perlu diwaspadai. (Foto ilustrasi: Thinkstock)
Jakarta -

Batu ginjal merupakan endapan keras yang terbuat dari mineral dan garam, yang terbentuk di dalam ginjal. Batu ini dapat bergerak ke salurah kemih dan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.

Batu ginjal tak memiliki satu penyebab yang pasti, namun ada beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan risiko kamu terkena penyakit ini. Contohnya, dehidrasi dapat memicu terjadinya batu ginjal, kemudian obesitas, dan riwayat keluarga juga bisa menjadi faktor risiko penyakit ini.

Untuk membuat kamu lebih waspada, ada beberapa ciri-ciri batu ginjal yang perlu diketahui. Berikut 8 di antaranya, seperti dikutip dari Healthline.

1. Sakit di punggung dan perut

Nyeri yang timbul karena batu ginjal bisa terasa sangat sakit. Beberapa penderita bahkan menggambarkan rasa nyerinya sama seperti saat melahirkan atau ditusuk dengan pisau.

Biasanya rasa sakit mulai terasa parah ketika batu ginjal bergerak ke arah ureter (saluran antara ginjal dan kandung kemih). Kondisi ini menyebabkan terjadinya penyumbatan di ureter, sehingga memicu tekanan pada ginjal.

Nyeri batu ginjal kerap kali muncul secara tiba-tiba saat batu mulai bergerak. Rasa sakitnya bisa menjadi semakin parah ketika ureter berkontraksi untuk mendorong batu keluar.

Umumnya rasa sakit ini bisa terasa di punggung, perut, di bawah tulang rusuk, atau bahkan menjalar sampai selangkangan. Meski batu ginjal berukuran besar lebih berpotensi menimbulkan rasa sakit yang parah, namun batu dengan ukuran kecil juga bisa memicu nyeri yang hebat.

2. Sakit saat buang air kecil

Setelah batu ginjal mencapai persimpangan antara ureter dan kandung kemih, kamu akan merasakan sakit yang luar biasa ketika buang air kecil.

Dalam dunia medis, kondisi ini disebut sebagai disuria. Rasa nyerinya bisa berupa seperti terbakar.

Selain rasa sakit di punggung, di perut, dan saat buang air kecil, 6 gejala batu ginjal ini juga patut diwaspadai. Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Fakta-fakta Seputar Batu Ginjal yang Diidap Dorce Gamalama"
[Gambas:Video 20detik]