Selasa, 15 Jun 2021 16:00 WIB

Satgas COVID-19 Optimistis RI Capai Herd Immunity pada Agustus 2021

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Vaksinasi massal terus dilakukan di Jakarta. Kali ini ratusan santri dan warga Lembaga Dakwan Islam Indonesia mendapat suntikan vaksin COVID-19. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menargetkan DKI Jakarta bisa mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity COVID-19 pada Agustus 2021 mendatang. Hal ini diharapkan bisa tercapai dengan mempercepat vaksinasi COVID-19.

Juru bicara Satgas penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menyiratkan bahwa target tersebut akan bisa dicapai. Melihat jumlah populasi yang sudah divaksinasi saat ini, kemungkinan herd immunity bisa tercapai pada Agustus mendatang.

"Melihat perkembangan yang ada, pemerintah optimis akan mencapai target yang telah ditetapkan. Contohnya, sampai saat ini provinsi DKI Jakarta telah mencapai 61,93 persen untuk pemberian dosis kedua," kata Prof Wiku dalam konferensi pers di YouTube BNPB, Selasa (15/6/2021).

Prof Wiku mengatakan herd immunity idealnya bisa tercapai jika setidaknya sebanyak 70 persen populasi sudah divaksinasi.

Target agar DKI segera mencapai herd immunity pada Agustus 2021 disampaikan Jokowi ketika meninjau vaksinasi COVID-19 di Waduk Pluit, Jakarta Utara. Ia meminta vaksinasi COVID-19 di DKI bisa digenjot hingga 100 ribu orang perhari.

"Kita harapkan dengan jumlah yang tadi sudah kita targetkan, di bulan Agustus nanti sudah bisa mencapai kekebalan komunal," kata Jokowi di Waduk Pluit, Jakarta, disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (14/6/2021).



Simak Video "Jokowi: Segera Percepat Vaksinasi untuk Ciptakan Herd Immunity!"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)