Selasa, 15 Jun 2021 20:19 WIB

10 Cara Tingkatkan Imunitas Seperti Anjuran BCL dan Satgas COVID-19

Destria - detikHealth
Bunga Citra Lestari saat ditemui di kawasan Bekasi. Bunga Citra Lestari (Foto: Ismail/detikFoto)
Jakarta -

Aktris dan musisi Bunga Citra Lestari (BCL) mengumumkan dirinya positif COVID-19. Ia juga mengajak semua orang meningkatkan sistem imun agar tidak mudah terinfeksi.

BCL saat ini sedang dalam masa isolasi setelah mendapatkan hasil tes positif corona. Di akun instagramnya BCL mendorong semua orang untuk tetap aman dan menjaga kesehatan.

Meningkatkan imun tubuh di kondisi pandemi seperti saat ini sangat penting, tak hanya untuk menangkal virus, tapi juga agar tidak mudah terserang penyakit.

Meningkatkan daya imun tubuh dapat dilakukan dengan mengatur pola makan dan gaya hidup sehat, ini akan memperkuat pertahanan alami pada tubuh dan membantu melawan patogen berbahaya, atau organisme penyebab penyakit.

Dikutip dari healthline.com, berikut 9 tips yang dapat meningkatkan imun tubuh:

1. Tidur yang cukup

Kualitas tidur yang buruk dikaitkan dengan kerentanan yang lebih tinggi terhadap penyakit. Orang dewasa seharusnya mendapatkan 7 jam atau lebih tidur setiap malam, sementara remaja membutuhkan 8-10 jam, dan anak-anak hingga bayi membutuhkan waktu tidur selama 14 jam.

2. Perbanyak makanan nabati

Makanan nabati utuh seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian dan polong-polongan kaya akan nutrisi dan anti oksidan yang dapat memberikan keunggulan dalam melawan patogen berbahaya. Serat dalam makanan nabati memberi makan mikroba pada usus, atau bakteri sehat di usus. Mikroba usus yang kuat dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu mencegah patogen berbahaya masuk ke tubuh melalui saluran pencernaan.

3. Perbanyak makanan lemak sehat

Lemak sehat seperti yang ditemukan dalam minyak zaitun dan salmon dapat meningkatkan respon kekebalan tubuh terhadap patogen dan mengurangi peradangan. Minyak zaitun yang sangat anti-inflamasi, dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Asam lemak omega-3, seperti yang ada pada salmon juga dapat melawan peradangan.

4. Perbanyak makanan fermentasi atau minum suplemen probiotik

Makanan fermentasi kaya akan bakteri menguntungkan, yang disebut probiotik yang mengisi saluran pencernaan. Pengganti makanan fermentasi bisa dengan minum suplemen probiotik.

5. Batasi gula tambahan

Membatasi asupan gula dapat mengurangi peradangan dan membantu penurunan berat badan, sehingga mengurangi risiko kondisi kesehatan kronis seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Beredar Daftar Artis Penerima Vaksin Pertama, Ini Kata Jubir Vaksinasi"
[Gambas:Video 20detik]