Kamis, 17 Jun 2021 12:14 WIB

Agnez Mo Bikin Klinik Vaksin Corona untuk Fans, Aturannya Boleh Nggak Sih?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Agnez Mo saat tampil di kawasan Kebon Jeruk. Agnez Mo. (Foto: Noel/detikFoto)
Jakarta -

Penyanyi Agnez Mo membuka klinik vaksinasi COVID-19 gratis di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Tak hanya masyarakat umum, para AGNATION atau penggemar Agnez juga bisa mendapatkan vaksin COVID-19 gratis dari klinik vaksinasi yang ia bangun bersama bapak baptisnya ini.

"Untuk para AGNATION (sebutan untuk fans Agnez Mo), kalian bisa mendapatkan vaksin di tempat kami. Tapi hanya untuk yang terdaftar," tulis pelantun lagu Overdose ini di akun Instagram pribadi miliknya yang dilihat detikcom, Kamis (17/6/2021).

[Gambas:Instagram]



Klinik vaksin Agnez Mo bekerja sama dengan Puskesmas Pademangan dan didukung 60 tenaga kesehatan serta relawan non-tenaga kesehatan. Tak hanya tempat penyuntikan vaksin, ia juga menyediakan layanan seperti ambulans, ruang gawat darurat, sampai laboratorium.

Program vaksinasi sendiri punya dua alur pendaftaran, melalui fasilitas kesehatan seperti puskesmas atau rumah sakit atau mekanisme vaksinasi massal.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan, vaksinasi massal dapat diselenggarakan oleh organisasi atau institusi yang bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan.

"Organisasi lain juga bisa menyelenggarakan vaksinasi secara massal seperti organisasi keagamaan ataupun organisasi kemasyarakatan. Syaratnya organisasi tersebut harus bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan atau dinas kesehatan provinsi kabupaten/kota untuk dapat melaksanakan vaksinasi massal," tulis Kemenkes.

Sementara itu untuk mengantisipasi kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI), setiap tempat pelaksanaan vaksinasi harus menyediakan narahubung yang berasal dari kabupaten/kota atau provinsi tersebut. Narahubung tersebut harus dapat dihubungi oleh panitia penyelenggara ataupun pasien.



Simak Video "Ada Opsi Berbayar, Stok Vaksin COVID-19 Gratis Tak Terganggu?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)