Kamis, 17 Jun 2021 15:47 WIB

Kasus COVID-19 RI Meledak, dr Tirta Ibaratkan Seperti Lingkaran Setan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
dr Tirta Mandira Hudhi Dokter influencer dr Tirta Mandira Hudhi. (Foto: Ayunda Septiani/detikHealth)
Jakarta -

Kasus Corona di Indonesia kembali melonjak. Kenaikan ini terjadi beberapa pekan setelah musim mudik lebaran.

Dokter sekaligus influencer kesehatan dr Tirta Mandira Hudhi, telah memprediksi kenaikan ini sejak Mei lalu. Ia mengatakan infeksi virus Corona yang naik-turun di Indonesia bak lingkaran setan.

"Melihat yang terjadi di Mei-Juni, ini kan seperti lingkaran setan. Paling bulan Juli nanti turun, Agustus naik, September turun, gitu terus sampai nanti vaksinasi 70 persen," kata dr Tirta dalam diskusi bersama FMB9, Kamis (17/6/2021).

Menurutnya, ada beberapa langkah yang bisa diambil jika ingin pandemi Corona cepat usai di Indonesia. Pertama dengan mempersiapkan fasilitas kesehatan, khususnya di beberapa daerah yang jangkauan faskesnya masih cenderung rendah.

Kedua, telaten memberantas hoax. Tak bisa dipungkiri bahwa masih banyak masyarakat percaya kabar palsu atau disinformasi tentang virus Corona yang beredar di aplikasi pesan.

"Warga jangan cepat percaya 'katanya', itu berbahaya. Lebih baik perhatikan informasi dari sumber terpercaya,"

Ia juga mengingatkan agar masyarakat yang telah mendapatkan akses untuk vaksin agar segera disuntik. Jangan menyia-nyiakan kesempatan untuk mendapat vaksin COVID-19 gratis.



Simak Video "Ahli: Pandemi Ini Sudah Terkendali, Tapi yang Mengendalikan Virus"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)