Kamis, 17 Jun 2021 18:30 WIB

Catat! 7 Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh Agar Tetap Kuat Selama Pandemi Corona

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Customer in pharmacy holding medicine bottle. Woman reading the label text about medical information or side effects in drug store. Patient shopping pills for migraine or flu. Vitamin or zinc tablets. Sederet vitamin untukj (Foto ilustrasi: iStock)

4. Vitamin E

Vitamin untuk daya tahan tubuh selanjutnya adalah vitamin E. Ini berfungsi sebagai antioksidan yang bisa membantu tubuh melawan infeksi.

Selain itu, vitamin E ini juga termasuk salah satu vitamin yang sangat penting untuk cara kerja sistem kekebalan tubuh. Vitamin E ini bisa didapatkan dengan mengkonsumsi:

- Kacang almond
- Biji bunga matahari
- Kacang hazel

5. Vitamin A

Selain baik untuk mata, vitamin A ternyata sangat bagus untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Jenis vitamin ini bisa berfungsi sebagai penangkal infeksi.

Vitamin A ini tersedia pada makanan hewani, misalnya seperti ikan, daging, produk susu, dan tuna. Jika tidak bisa mengkonsumsi makanan hewani, vitamin ini juga bisa ditemukan pada makanan nabati seperti:

- Wortel
- Ubi jalar
- Labu
- Blewah

6. Selenium

Selenium juga ternyata sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Suplemen yang mengandung selenium ini bisa meningkatkan pertahanan antivirus di dalam tubuh, mencegah infeksi, dan penyakit influenza.

Selain suplemen, asupan yang mengandung selenium yaitu:

- Makanan laut (tuna, halibut, sarden)
- Daging merah
- Daging unggas

7. Vitamin B kompleks

Vitamin untuk daya tahan tubuh yang terakhir adalah vitamin B kompleks. Di dalamnya termasuk vitamin B12 dan B6. Jika kekurangan vitamin B ini, virus akan mudah menyerang tubuh dan menyebabkan penyakit.

Untuk vitamin B6 bisa didapatkan dari ayam dan sayuran hijau, seperti buncis.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(sao/kna)