Senin, 21 Jun 2021 07:59 WIB

Mendung Melulu, Kapan Waktu Berjemur yang Baik untuk COVID-19?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Sejumlah wilayah di DKI Jakarta diguyur hujan pagi ini. Menurut BMKG, musim hujan di Jakarta masih akan terus berlanjut hingga Februari. Hujan terus, kapan mau berjemur? (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Cuaca berawan masih menyelimuti sebagian wilayah Indonesia, bahkan hujan lebat masih berpotensi terjadi di beberapa tempat. Kalau mendung melulu seperti ini, kapan waktu berjemur yang baik untuk COVID-19?

Di wilayah DKI Jakarta misalnya, hujan disertai angin kencang dikperkirakan terjadi di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang hingga menjelang malam hari. Sementara di Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Jakarta Selatan, cuaca diperkirakan berawan.

Faktor cuaca turut mempengaruhi intensitas sinar matahari. Untuk mendapatkan manfaat optimal saat berjemur, faktor ini juga harus diperhitungkan. Makin rendah intensitas sinar matahari, paparan ultraviolet B (UVB) akan semakin sedikit sehingga butuh waktu lebih lama untuk berjemur.

Sebaliknya jika cuaca sedang sangat terik, maka paparan ultraviolet akan terlalu tinggi sehingga bisa membuat kulit terbakar. Disarankan untuk tidak berlama-lama berada di bawah terik matahari jika intensitas sinarnya sedang sangat tinggi.

Informasi tentang intensitas sinar matahari dinyatakan sebagai UV Index atau indeks UV. Nilainya bisa dipantau di berbagai aplikasi ramalan atau perkiraan cuaca, atau bisa juga dilihat di situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Perkiraan UV Index untuk sepanjang hari Senin (21/6/2021) di berbagai wilayah Indonesia untuk menentukan waktu berjemur yang baik untuk COVID-19 bisa dilihat sebagai berikut:

[Gambas:Instagram]







Simak Video "Catet! Ini Waktu Berjemur yang Baik"
[Gambas:Video 20detik]
(up/naf)