Senin, 21 Jun 2021 12:35 WIB

Agar RS Tak Kolaps, Menkes Tetapkan Kriteria Pasien COVID-19 yang Dirawat

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Jakarta -

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan akan memprioritaskan pasien COVID-19 yang bergejala untuk diisolasi dan dirawat di rumah sakit. Ini diperuntukan untuk pasien COVID-19 dengan kondisi-kondisi tertentu.

"Untuk (pasien) yang diisolasi dan memiliki gejala, khususnya dia ada komorbid, khususnya saturasinya (saturasi oksigen) di bawah 95 persen, khususnya sudah mulai sesak, itu dibawa ke rumah sakit," jelas Menkes dalam siaran pers Senin (21/6/2021).

Selain itu, Menkes juga akan mengarahkan pasien COVID-19 yang tidak bergejala atau mengalami gejala ringan untuk melakukan isolasi mandiri atau isolasi terpusat. Tentunya dengan mempertimbangkan apakah lingkungannya memungkinkan untuk melakukan isolasi mandiri.

"Tetapi yang tidak, lebih baik diisolasi mandiri atau diisolasi terpusat agar tidak terekspos konsentrasi virus yang tinggi yang ada di rumah sakit, dan juga bisa membebaskan rumah sakit untuk benar-benar merawat orang-orang yang sudah sedang (bergejala) dan gawat," kata Menkes.

Untuk melakukannya, Menkes mengatakan akan bekerja sama dengan TNI dan Polri untuk mengklasifikasikan pasien COVID-19 yang bisa menjalani isolasi mandiri, isolasi terpusat, atau memang harus dirawat di rumah sakit.

"Dan kita akan pastikan koordinasi rujukan dari seluruh rumah sakit akan kami atur, sehingga seminimal mungkin membuat orang tidak bisa menemukan kamar," pungkasnya.

(sao/up)