Senin, 21 Jun 2021 13:31 WIB

Menkes Sebut Peningkatan COVID-19 di Indonesia 'Luar Biasa'!

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jakarta -

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa kasus COVID-19 di Indonesia naik gila-gilaan. Dalam keterangannya, Budi juga melaporkan berbagai kabar perihal pandemi seperti kondisi rumah sakit, tenaga kesehatan, sampai ketersediaan obat-obatan.

"Kami sampaikan memang sampai saat ini terjadi peningkatan yang luar biasa dan itu penting untuk bisa fokusnya bukan hanya di sisi hilir di sisi RS, di sisi penanganan orang sakit, tapi lebih penting lagi fokus ke sisi hulu bagaimana kita mencegah agar orang sehat ini jangan menjadi sakit," katanya dalam siaran pers, Senin (21/6/2021).

Untuk mencegah COVID-19 meluas, ia juga menyampaikan daerah dengan kasus positif tinggi akan diberlakukan pembatasan mobilitas 75-100 persen.

Budi juga mengatakan akan memprioritaskan pasien COVID-19 yang bergejala untuk diisolasi dan dirawat di rumah sakit. Pasien Corona yang dirawat di rumah sakit adalah mereka yang memiliki komorbid, kondisi sesak, dan saturasi di bawah 95 persen.

"Tetapi yang tidak, lebih baik diisolasi mandiri atau diisolasi terpusat agar tidak terekspos virus yang tinggi di rumah sakit dan juga bisa membebaskan rumah sakit untuk merawat orang-orang yang sudah (kondisi) sedang dan gawat," bebernya.

(kna/up)