Senin, 21 Jun 2021 14:38 WIB

Dialami Bintang Emon, Ini Bedanya Batuk Biasa Vs Batuk Gejala COVID-19

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Bintang Emon Komika Bintang Emon positif Corona. (Foto: Instagram @bintangemon)
Jakarta -

Komika Bintang Emon baru saja mengumumkan dirinya positif COVID-19. Kabar ini ia sampaikan dalam sebuah unggahan video di akun Instagram pribadinya.

Dalam video berdurasi satu menit itu, ia menyebutkan gejala-gejala yang ia rasakan. Layaknya sedang mengunggah video endorsement, Bintang Emon mendeskripsikan gejala COVID-19 dengan gaya jenaka. Misalnya soal gejala, ia mengibaratkannya seperti syarat dan ketentuan dari pihak yang meng-endorse.

"Syaratnya sih simpel. Napas terengah-engah, terus mual-mual, terus batuk-batuk, sama sakit kepala banget," ungkapnya.

Batuk termasuk gejala yang paling umum dialami pasien COVID-19. Tetapi, tidak semua keluhan batuk menandakan terinfeksi COVID-19.

Lalu, apa perbedaan batuk biasa dengan batuk sebagai gejala COVID-19?

1. Waktu kemunculan

Waktu kemunculan gejala batuk adalah hal pertama yang harus diperhatikan. Menurut spesialis paru dr Budhi Imansyah, SpP, FISR, dari Primaya Hospital Bekasi Barat, batuk karena COVID-19 muncul secara tiba-tiba tanpa penyebab yang jelas dan terus-menerus.

Selain itu, batuk biasanya disebabkan oleh kondisi tertentu. Misalnya baru saja terpapar kotoran, asap kendaraan, atau karena perubahan cuaca. Sedangkan pada kasus COVID-19, batuk datang tiba-tiba tanpa ada penyebab lain.

2. Batuk kering

Pada pasien yang terinfeksi COVID-19, gejala batuk biasanya tidak disertai dahak atau disebut batuk kering. Batuk kering karena COVID-19 juga terdengar lebih berat dan berasal dari paru-paru bagian bawah.

Namun, kamu juga harus tetap waspada jika kamu mengalami batuk berdahak. Menurut dr Budhi, pasien COVID-19 juga bisa mengalami batuk berdahak jika sudah ada di kondisi yang lebih serius.

Batuk berdahak pada pasien COVID-19 bisa disebabkan oleh cairan yang mengisi paru-paru hingga dapat menimbulkan pneumonia.

3. Sesak napas

Satu hal lagi yang bisa membedakan batuk biasa dan batuk karena COVID-19 adalah adanya keluhan lain seperti sesak napas. Ketika kamu terkena flu dan batuk, biasanya tidak akan sampai menyebabkan sesak napas.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyarankan agar segera mencari bantuan medis bila batuk sampai menimbulkan sesak napas.

4. Ada gejala lain

Batuk adalah satu dari sekian banyak gejala pada pasien yang terinfeksi COVID-19.

Kalau kamu menemukan gejala lain seperti demam, hilangnya indera penciuman dan perasa, nyeri dan ngilu di seluruh badan, kelelahan, sakit kepala, sampai sakit tenggorokan, ada baiknya kamu segera memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat karena itu adalah gejala lain COVID-19.



Simak Video "ASI Bisa Bantu Transfer Antibodi COVID-19 ke Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)