Selasa, 22 Jun 2021 06:49 WIB

Tips Tingkatkan Kesehatan Lansia di Masa Pandemi

Khoirul Anam - detikHealth
vaksin lansia Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Lansia menjadi kelompok yang rentan terpapar COVID-19. Pasalnya, kekebalan tubuh yang dimiliki para lansia menurun seiring bertambahnya usia.

Berdasarkan data Satgas COVID-19, terdapat sekitar 10,7% kasus terkonfirmasi positif COVID-19 berasal dari lansia. Dan sebesar 48,3% dari kasus pasien meninggal COVID-19 adalah kelompok lansia.

Untuk itu, lansia menjadi prioritas dalam program vaksinasi COVID-19. Namun, di samping melakukan vaksinasi, lansia tetap perlu meningkatkan kesehatan tubuhnya.

Berikut tips sederhana meningkatkan kesehatan bagi para lansia.

1. Tetap Aktif

Para lansia harus tetap aktif dalam menjalani keseharian. Aktif bisa dengan melakukan olahraga ringan seperti senam atau berjemur di pagi hari. Selain berolahraga, aktivitas lainnya yang bisa meningkatkan kesehatan adalah dengan berkebun atau membuat kerajinan.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan bergizi menjadi cara sederhana dalam meningkatkan kesehatan bagi para lansia. Cara ini dapat dilakukan dengan menjaga pola makan melalui kebutuhan nutrisi yang seimbang. Lansia juga diperlukan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, E dan Zinc, serta mengonsumsi multivitamin.

3. Istirahat yang Cukup

Kegiatan para lansia biasanya memang tidak terlalu banyak. Meski demikian, lansia tetap perlu menjaga pola tidur dengan durasi 7-8 dalam sehari. Dalam mendukung langkah istirahat yang cukup, lansia disarankan untuk mengurangi minum air banyak-banyak di malam hari. Bagaimana pun, hal itu dapat membuat lansia terbangung untuk ke kamar mandi sehingga mengganggu waktu tidur.

Cara terakhir adalah rutin mengecek kesehatan. Dengan mengecek kesehatan secara rutin, lansia bisa tahu mengenai kondisi tubuhnya. Adapun ketika kondisi kesehatannya menurun. Lansia dapat segera melakukan antisipasi.

4. Rutin Cek Kesehatan dan Minum Obat

Cara terakhir adalah rutin mengecek kesehatan. Dengan mengecek kesehatan secara rutin, lansia bisa tahu mengenai kondisi tubuhnya. Adapun ketika kondisi kesehatannya menurun. Lansia dapat segera melakukan antisipasi.

(mul/up)