Selasa, 22 Jun 2021 08:45 WIB

Salah Satunya Dialami Bintang Emon, Catat Gejala Gastroenteritis pada COVID-19

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Bintang Emon komentar novel baswedan Foto: Instagram
Jakarta -

Bintang Emon positif Corona, komika Indonesia ini menceritakan sejumlah gejala COVID-19 yang dirasakan. Mulai dari napas terasa pendek, sakit kepala, gangguan pernapasan, hingga mual.

Beberapa gejala COVID-19 seperti mual yang dikeluhkan Bintang Emon memang tidak khas dan sulit dibedakan dengan penyakit lainnya. Namun, mual termasuk gejala gastroenteritis atau masalah pencernaan yang tak sedikit dikeluhkan pasien COVID-19.

Dikutip dari Healthline, para peneliti di Universitas Stanford menemukan bahwa sepertiga pasien COVID-19 dengan gejala ringan hingga berat memiliki masalah di sistem pencernaan mereka.

Studi terbaru lainnya yang dimuat para peneliti Beijing menemukan bahwa di mana saja dari 3 hingga 79 persen pasien COVID-19 mengalami gejala gastrointestinal. Apa saja yang dikeluhkan?

1. Diare

Diare jadi salah satu gejala COVID-19 gasterorintis paling banyak dikeluhkan. Studi American Journal of Gastroenterology meneliti 206 pasien COVID-19 gejala ringan, 48 orang di antaranya mengalami masalah pencernaan dan 69 lainnya memiliki masalah di pencernaan dan pernapasan.

Dari total 117 pasien yang mengalami gangguan lambung, 19,4 persen mengeluhkan gejala COVID-19 diare sebagai gejala pertama mereka.

2. Mual dan muntah

Penelitian dari Beijing menemukan bahwa mual lebih sering terjadi pada kasus COVID-19 anak ketimbang dewasa. Mereka menganalisis studi klinis COVID-19 dan laporan kasus terkait masalah pencernaan di Desember hingga Februari lalu. Ada 3,6 hingga 15,9 persen orang dewasa mengeluhkan gejala COVID-19 mual dan sekitar 60 persen lainnya merupakan usia anak.

3. Nggak nafsu makan

Tak cuma diare dan mual, banyak kasus COVID-19 yang mengeluh tak nafsu makan. Seringnya, hal ini terjadi karena pasien tersebut juga mengalami gejala anosmia, kehilangan indra penciuman dan perasa.

Banyak pasien COVID-19 melaporkan kehilangan nafsu makan juga bersamaan dengan gejala gastrointestinal lainnya. Menurut penelitian yang sama dari Beijing, sekitar 39,9 hingga 50,2 persen orang mengalami kehilangan nafsu makan.

Lantas apa yang harus dilakukan agar cepat pulih?

Kamu dapat mengobati gejala COVID-19 terkait masalah pencernaan dengan tetap terhidrasi dan menghindari makanan tertentu yang memicu masalah pada perut. Terakhir, beristirahat sebanyak mungkin.

Meski gejala gastrointestinal seperti diare, kehilangan nafsu makan, mual, bisa menjadi gejala COVID-19, bukan berarti setiap keluhan selalu berkaitan dengan Corona. Tetap saja, hal yang paling utama jika mengeluhkan gejala terindikasi COVID-19 adalah segera melakukan tes Corona untuk memastikan kondisi dan meminimalisir penularan jika benar positif.



Simak Video "Riset Eijkman Ungkap 3 Gejala Umum COVID-19 yang Ditemukan Pada Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)