Rabu, 23 Jun 2021 11:17 WIB

7 Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh yang Wajib Dikonsumsi untuk Lawan Corona

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Customer in pharmacy holding medicine bottle. Woman reading the label text about medical information or side effects in drug store. Patient shopping pills for migraine or flu. Vitamin or zinc tablets. Ilustrasi vitamin untuk daya tahan tubuh. (Foto: iStock)

4. Vitamin A

Vitamin A ternyata juga sangat bagus untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Jenis vitamin ini bisa berfungsi sebagai penangkal infeksi.

Biasanya vitamin A tersedia pada makanan hewani, seperti ikan, daging, produk susu, hingga tuna. Tetapi, jika tidak bisa mengkonsumsi makanan hewani, bisa dengan mengkonsumsi makan nabati yaitu wortel, ubi jalar, labu, dan blewah.

5. Vitamin D

Vitamin D juga termasuk vitamin untuk daya tahan tubuh yang sangat penting. Ini termasuk nutrisi yang penting untuk tubuh yang bisa larut dalam tubuh dan baik untuk fungsi sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, vitamin ini juga bisa membantu mengurangi peradangan yang membantu meningkatkan respons kekebalan tubuh, hingga mengurangi risiko infeksi pada saluran pernapasan. Tak hanya dari sinar matahari, vitamin D ini bisa didapatkan dari:

- Ikan salmon
- Ikan tuna
- Ikan makarel
- Ikan sarden
- Susu
- Sereal

6. Seng (zinc)

Jika mengalami kekurangan seng ini bisa mempengaruhi sistem imun, sehingga akan meningkatkan risiko infeksi dan penyakit, termasuk pneumonia. Untuk mendapatkannya, bisa dengan mengkonsumsi:

- Daging merah
- Unggas
- Tiram
- Kepiting
- Kacang panggang
- Yoghurt

7. Selenium

Selenium juga termasuk vitamin untuk daya tahan tubuh. Jika mengkonsumsi suplemen yang mengandung selenium ini bisa meningkatkan pertahanan antivirus di dalam tubuh, mencegah infeksi, dan penyakit influenza.

Vitamin ini juga bisa ditemukan pada makanan laut (tuna, halibut, sarden), daging merah, dan daging unggas.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Perlukah Doping Vitamin C dan Suplemen untuk Perkuat Imun?"
[Gambas:Video 20detik]