Rabu, 23 Jun 2021 11:17 WIB

7 Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh yang Wajib Dikonsumsi untuk Lawan Corona

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Customer in pharmacy holding medicine bottle. Woman reading the label text about medical information or side effects in drug store. Patient shopping pills for migraine or flu. Vitamin or zinc tablets. Ilustrasi vitamin untuk daya tahan tubuh. (Foto: iStock)
Jakarta -

Lonjakan kasus COVID-19 yang terjadi di Indonesia membuat masyarakat semakin gencar mengkonsumsi vitamin untuk daya tahan tubuh. Tujuannya agar tidak mudah sakit atau terinfeksi virus Corona.

Selain terus menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan menjalani vaksinasi COVID-19, berbagai vitamin dan suplemen juga harus terus dikonsumsi. Lalu, vitamin apa saja sih yang bisa membantu untuk menangkal virus Corona?

Berikut detikcom rangkum beberapa suplemen dan vitamin untuk daya tahan tubuh yang bisa rutin dikonsumsi setiap hari.

1. Vitamin C

Salah satu vitamin untuk daya tahan tubuh adalah vitamin C. Selain untuk meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari penyakit, vitamin ini juga berfungsi sebagai antioksidan.

Vitamin C ini juga bisa membantu untuk mencegah terjadinya infeksi dan mempercepat penyembuhan. Tak hanya pada jeruk, vitamin ini bisa didapatkan dari beberapa makanan seperti:

- Bayam
- Kubis
- Pepaya
- Stroberi
- Paprika

2. Vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks juga sangat berperan untuk menjaga daya tahan tubuh. Di dalamnya termasuk vitamin B12 dan juga B6.

Jika tubuh mengalami kekurangan vitamin B ini, virus akan dengan mudahnya menyerang tubuh dan menyebabkan penyakit. Selain dari suplemen, vitamin B terutama B6 bisa didapatkan dari ayam dan sayuran hijau, seperti buncis.

3. Vitamin E

Vitamin untuk daya tahan tubuh selanjutnya adalah vitamin E. Seperti vitamin C, vitamin E ini juga berfungsi sebagai antioksidan yang bisa membantu tubuh melawan infeksi.

Perlu diketahui, vitamin E ini juga termasuk salah satu vitamin yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin E ini, bisa dengan mengkonsumsi kacang almond, biji bunga matahari, hingga kacang hazel.

Vitamin A dan D juga sangat diperlukan untuk daya tahan tubuh. Untuk lebih jelasnya, klik halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Perlukah Doping Vitamin C dan Suplemen untuk Perkuat Imun?"
[Gambas:Video 20detik]