Jumat, 25 Jun 2021 08:35 WIB

Deretan Gejala COVID-19 Terbaru yang Tak Boleh Diabaikan

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal

4. Sesak napas

Dikutip dari Medical News Today, saat virus Corona menginfeksi jaringan paru, virus akan menyebar cepat dan mempengaruhi sel-sel epitel yang melapisi saluran udara. Lalu, sistem kekebalan akan merespons dengan melepaskan sel yang menyebabkan peradangan pada jaringan yang terkena virus.

Saat respons imun inflamasi terus terjadi, ini yang akan menghambat transfer gas secara teratur, termasuk oksigen, di paru-paru dan cairan bisa menumpuk. Hal inilah yang bisa menyebabkan pasien COVID-19 sesak napas. Meski bukan termasuk gejala COVID-19 terbaru, sesak napas ini cukup banyak dialami oleh pasien COVID-19.

5. Sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan juga masuk dalam lima gejala COVID-19 terbaru versi Prof Spector. Gejala ini umumnya muncul saat terjadi infeksi. Tak hanya masyarakat awam, para ahli juga mengaku sulit untuk sekilas membedakan apakah sakit tenggorokan yang dirasakan pasien itu disebabkan COVID-19 atau hanya virus flu biasa.

Untuk membedakannya, bisa dengan memperhatikan adanya gejala penyerta lainnya. Misalnya diserta dengan batuk kering, sakit kepala, atau nyeri berkepanjangan.

6. Letih

Fatigue atau keletihan juga menjadi salah satu gejala COVID-19 terbaru yang cukup sering dirasakan pasien Corona. Untuk mengetahuinya, dr Amesh Adjal dari Johns Hopkins Center for Health Security mengatakan seseorang harus tahu dulu hal-hal apa yang mungkin bisa menimbulkan keletihan, misalnya habis berolahraga atau terlambat bangun.

"Kamu harus memikirkan mengapa kamu merasa letih. Apakah karena habis berlari marathon, telat bangun tidur, atau belajar karena ujian? Kamu harus mencoba mencari penjelasan," ungkapnya.

Jika keletihan itu muncul secara mendadak tanpa ada sebab yang jelas yang disertai dengan gejala lainnya, maka bisa jadi itu gejala infeksi virus Corona.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Hati-hati dengan Badai Sitokin "
[Gambas:Video 20detik]

(sao/naf)