Jumat, 25 Jun 2021 14:55 WIB

Angka CT Value di Atas 30 Sudah Sembuh dari COVID-19? Ini Penjelasannya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Penumpang bus AKAP yang akan mudik dan kembali dari kampung halaman antre menjalani tes cepat antigen di Terminal Terpadu Pulo Gebang,  Jakarta Timur, Selasa (18/5/2021). Penumpang yang hasil tesnya reaktif wajib menjalani isolasi mandiri di ruangan yang disediakan di terminal sebelum menjalani tes usap PCR dan dibawa ke rumah sakit bila positif Covid-19. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Belakangan ini, istilah CT Value kembali ramai dibicarakan untuk menentukan seseorang sudah sembuh atau belum dari COVID-19. Tak hanya itu, banyak juga beredar soal imbauan untuk meminta hasil CT Value setelah melakukan tes PCR.

Dalam imbauan tersebut, menyebutkan jika CT Value sudah di angka 30 ke atas pasien sudah dikatakan sembuh. Namun, sebenarnya CT Value tidak bisa menjadi acuan untuk menyatakan seseorang sudah sembuh dari COVID-19.

Sebenarnya, apa sih CT Value itu?

Menurut pakar biologi molekuler Ahmad Rusdan Utomo, CT Value merupakan jumlah siklus dalam PCR yang dilakukan untuk mencari materi genetik virus dari sampel lendir atau hasil swab. Tetapi, nilai value ini berbanding terbalik dengan jumlah materi genetik virus.

Artinya, semakin besar nilai CT Value maka akan semakin sedikit jumlah materi genetik virus pada pasien tersebut.

"Justru semakin tinggi CT Value, itu berarti materi genetiknya lebih sedikit, karena kan jumlah siklus. Semakin banyak siklus yang diperlukan, berarti materinya lebih sedikit, malah bisa jadi nggak ada kalau sampai 40 nggak ketemu juga," kata Ahmad saat dihubungi detikcom, Sabtu (23/1/2021).

Berapa rentang CT Value yang dianggap mengkhawatirkan?

Ahmad menjelaskan, jika rentang CT Value berada di angka 25 ke bawah berarti viral load atau jumlah virus yang ada di dalam tubuh masih banyak. Tetapi, angka CT Value yang sudah mencapai 29-35 juga masih tetap dikhawatirkan, bisa jadi angka itu masih bisa turun.

"Kalau ternyata dia kontak erat misal kontak eratnya hari Senin, terus hari Kamis dia periksa PCR 35, saya mesti khawatir, ini jangan-jangan masih bisa turun nih kalau saya pantau terus," kata Ahmad.

"Karena misalnya dia pernah kontak erat, CT Value di angka 29, bisa jadi angka 29 itu masih bisa turun, karena kan virus pasti menanjak angkanya," sebutnya.

Apakah dengan angka CT Value yang tinggi sudah bisa dipastikan sembuh dari COVID-19? Klik ke halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Cara Membaca CT yang Benar untuk Pasien Corona"
[Gambas:Video 20detik]