Rabu, 30 Jun 2021 19:37 WIB

5 'Obat' Flu dan Batuk Alami, Mudah Didapat dan Praktis Dibuat

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Young woman suffering from cold Foto: iStock
Jakarta -

Flu dan batuk cukup sering dialami, pengobatannya pun sangat banyak jenisnya. Ada obat flu dan batuk yang bisa dibeli di apotek terdekat, ada juga yang bisa diolah sendiri dari bahan-bahan di rumah.

Bukan hal baru, ramuan tradisional menjadi andalan untuk mengobati penyakit. Selain mudah dibuat, ramuan racikan sendiri juga minim efek samping.

Lalu apa saja sih obat flu dan batuk yang bisa kita buat sendiri dari bahan di rumah?

1. Air jahe

Merebus beberapa jahe dipercaya dapat membantu meredakan batuk atau sakit tenggorokan. Efek hangat yang ditimbulkan oleh jahe juga bisa membantu melegakan pernapasan.

Dikutip dari Healthline, meminum air jahe juga dapat meredakan rasa mual yang kerap dialami ketika terserang flu dan batuk.

2. Madu

Madu berfungsi sebagai antibakteri dan antimikroba yang sangat efektif sebagai obat flu dan batuk.

Minum madu dengan lemon juga dipercaya dapat meredakan sakit tenggorokan. Penelitian menyebut, minum 10 gram madu sebelum tidur dapat membuat tidur lebih nyenyak dan membantu mengurangi gejala pilek.

3. Bawang putih

Bawang putih dipercaya sebagai obat flu dan batuk selanjutnya. Pasalnya, bawang putih mengandung senyawa allicin yang memiliki sifat antimikroba yang ampuh untuk mengatasi flu dan batuk.

4. Air putih

Minum air putih sangat penting untuk menjaga tubub tetap terhidrasi apalagi ketika sedang flu. Air membantu menjaga hidung, mulut, dan tenggorokan tetap lembab. Sehingga, minum air putih dapat membantu tubuh menyingkirkan lendir dan dahak yang menumpuk.

5. Minum kaldu hangat

Minum kaldu ayam atau tulang sapi hangat adalah cara yang baik untuk membantumu tetap terhidrasi. Minum kaldu bisa jadi obat flu dan batuk serta meredakan hidung yang tersumbat.

Kaldu secara alami tinggi protein dan mineral seperti natrium dan kalium. Kaldu juga kaya akan protein yang baik untuk membentuk kekebalan tubuh dan sangat baik dikonsumsi sebagai obat flu dan batuk.



Simak Video "Terungkap! Polusi Udara Sumbang 15% Kematian Akibat Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)