Kamis, 01 Jul 2021 16:11 WIB

RI Akan Terima Donasi Vaksin COVID-19 dari Australia-Amerika

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Antusiasme warga untuk mendapatkan vaksin COVID-19 di Trans Studio Mall Cibubur, Depok, Jawa Barat, terpantau sangat tinggi. Beginilah potret saat dari proses antre hingga vaksinasi. Vaksin COVID-19. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Sebanyak 2,1 juta dosis vaksin COVID-19 dari Jepang diperkirakan akan segera tiba di Indonesia. Rencananya, vaksin Corona jenis AstraZeneca itu akan tiba hari ini, Kamis (1/7/2021).

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin pun membenarkan kabar tersebut. Menkes mengatakan mungkin akan masih ada lagi donasi vaksin COVID-19 dari Jepang ke depannya.

"AstraZeneca 2,1 juta itu donasi dari pemerintah Jepang dan bukan yang terakhir. Jadi, mungkin ada lagi yang lainnya," katanya dalam konferensi pers di YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (1/7/2021).

Selain Jepang, Menkes juga mengatakan mendapat bantuan dari pemerintah Australia, tetapi tidak dalam bentuk vaksin COVID-19. Mereka mendonasikan sebanyak 77 juta AUD atau sekitar 838 milyar rupiah yang akan digunakan untuk membeli vaksin lewat COVAX.

"Kalau misalnya vaksinnya diperoleh cepat dan dapat, mungkin ada 10 juta (dosis vaksin) dari Australia," lanjutnya.

Tak hanya dari Jepang dan Australia, Indonesia juga akan mendapat bantuan vaksin COVID-19 dari Amerika. Diperkirakan akan ada 4 juta dosis vaksin yang didonasikan.

Jenis vaksin yang akan didapatkan dari Amerika yaitu vaksin Moderna. Vaksin tersebut akan segera diterima Indonesia dalam waktu dekat, meskipun belum diketahui pasti.

"Jadi semakin banyak yang kita bisa dapatkan donasi dari negara-negara luar negeri. Terima kasih ke pemerintah Jepang, Australia dan Amerika. Mungkin kalau lebih banyak lagi, kita terima kasihnya pun akan lebih banyak," pungkasnya.



Simak Video "Fenomena Vaksin Covid-19 Kedaluwarsa di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)