Senin, 05 Jul 2021 19:34 WIB

Bambang Brodjonegoro Dirawat Positif COVID-19, Apa Riwayat Penyakitnya?

Firdaus Anwar - detikHealth
Menristek Bambang Brodjonegoro bersiap mengikuti foto bersama seusai pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju di Beranda Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc. Foto: Bambang Brodjonegoro (Antara Foto)
Jakarta -

Mantan Menristek Bambang Brodjonegoro dirawat di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta karena positif COVID-19. Pria yang menjabat sebagai Komisaris Utama PT Telkom Indonesia ini dilaporkan mengalami gejala demam.

"Penanganan lebih lanjut dilakukan sejak Sabtu malam di RSPP, karena Pak Bambang mengalami suhu tubuh yang sempat meningkat," kata SVP Corporate Communication and Investor Relation Telkom, Ahmad Reza.

Bambang Brodjonegoro saat ini dalam kondisi stabil. Sebelumnya ia tidak pernah dilaporkan memiliki masalah kesehatan serius.

Kondisi kesehatan Bambang Brodjonegoro yang pernah disorot adalah vitiligo. Kondisi penyakit ini merupakan hilangnya warna kulit yang muncul sebagai bercak-bercak berwarna putih susu.

Vitiligo terjadi saat sel-sel yang memproduksi melanin mati atau tidak berfungsi. Dampaknya sering terjadi pada bagian tubuh yang lebih sering terpapar sinar matahari.

Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Dian Pratiwi, SpKK, mengatakan vitiligo bukan penyakit berbahaya. Kondisi ini juga tidak menular.

"Penyakit ini sebenarnya tidak berbahaya apalagi menular. Namun, untuk seberapa luas dan parahnya warna kulit yang hilang pada tubuh ini, memang tidak bisa di prediksikan. Bahkan, akan muncul di manapun itu tidak bisa diduga sama sekali," jelas dr Dian pada detikcom beberapa waktu lalu.



Simak Video "Tindak Lanjut Satgas soal 3.830 Orang Positif Covid-19 Berkeliaran"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)